Home / Berita / Metropolitan / Esra K. Sembiring : Bila Ada Polemik, Tempatkan Kepentingan Nasional Diatas Kepentingan Lainnya

Esra K. Sembiring : Bila Ada Polemik, Tempatkan Kepentingan Nasional Diatas Kepentingan Lainnya

Yogyakarta, sketsindonews – Menyikapi pro kontra perlu tidaknya test wawasan kebangsaan kepada calon aparatur sipil negara menurut kolonel sembiring perlu segera diakhiri.

Pemerintah sesuai perannya memang berkewajiban harus maksimal menjaga dan meningkatkan kadar nasionalisme aparaturnya.

Salah satu penyebab tidak tegasnya pemerintah dalam menyikapi kondisi seperti saat ini adalah karena beragamnya sikap dan pendapat dalam masyarakat yang saling kontradiktif. Berpolemik pada tuduhan framing maupun tidak adanya standarisasi pertanyaan dan dianggap tidak objektif.

Menurut Sembiring, melihat kondisi seperti ini dapat ditafsirkn pada lemahnya doktrinasi faham nasionalisme bangsa. Jika strategi doktrinasi nasionalisme melalui pemahaman wawasan kebangsaan tidak segera disesuaikan, maka bukan tidak mustahil terjadinya degradasi nasionalisme seperti ini pada ujungnya akan berakibat lebih fatal lagi seperti hilangnya arah dan tujuan rakyatnya dalam memahami cita cita negara.

“Bahkan pada kondisi yang lebih kritis, kehilangan semangat rakyatnya dalam menjaga persatuan keutuhan bangsanya yang super majemuk ini,” tegas sembiring.

Bila wawasan kebangsaan rakyat suatu negara kuat maka egoisme individu maupun primordialisme yang sempit tidak akan terjadi.

Menurut Sembiring, entitas suatu bangsa bisa hilang karena kurangnya keseriusan, usaha keras dari pemerintah dalam menanamkan wawasan kebangsaan rakyatnya.

Kata kuncinya terletak pada kesadaran kita semua. Serius atau tidak menyikapi dalam mendukung pemahamam wawasan kebangsaan yang sesuai dengan ideologi Pancasila.

Tanpa adanya kesadaran pemahaman wawasan kebangsaan rakyatnya yang kuat, Indonesia bisa runtuh dan bubar karena tidak solidnya kekuatan yang mempertahankan kemajemukannya.

“Itulah urgensi mengapa test wawasan kebangsaan itu wajib diujikan dimanapun dan harus lulus terutama pada calon aparaturnya. Tidak ada pengecualian,” tegas Sembiring.

(Eky)

Check Also

Terpidana Mantan Jaksa Pinangki Dieksekusi ke Lapas Wanita Tangerang Banten

Jakarta, sketsindonews – Terpidana mantan Jaksa Dr. Pinangki Sirna Malasari, SH,.MH, yang terlibat korupsi dalam …

Watch Dragon ball super