Home / Berita / Farewell Flight, Pertanda Akhiri Jabatan Danskadik 101 Wingdik Terbang

Farewell Flight, Pertanda Akhiri Jabatan Danskadik 101 Wingdik Terbang

Yogyakarta, sketsindonews – Ada pertemuan pasti ada perpisahan, ada yang pergi ada yang datang, ada yang lama dan ada yang baru, ini adalah Dinamika kehidupan yang pasti dijalani setiap manusia tanpa terkecuali. Demikian juga dalam sebuah jabatan yang disandangnya, terjadi pada jabatan Komandan Skadron Pendidikan 101, Lanud Adisutjipto, yang rencananya Selasa (10/1) akan  diserahterimakan dari Letkol Pnb Sukarno kepada penggantinya Letkol Pnb Humaidi Syarif Romas.

Sesaat sebelum dilaksanakan Farewell Flight Komandan Skadik 101 Letkol Pnb Sukarno, beserta istri dengan pejabat baru Komandan Skadik 101 Letkol Pnb H S Romas beserta istri, foto bersama didepan pesawat Cessna L 1803, Senin (9/1). (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)
Sesaat sebelum dilaksanakan Farewell Flight Komandan Skadik 101 Letkol Pnb Sukarno, beserta istri dengan pejabat baru Komandan Skadik 101 Letkol Pnb H S Romas beserta istri, foto bersama didepan pesawat Cessna L 1803, Senin (9/1). (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Mengiringi Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Skadik 101 Lanud Adisutjipto, hari ini dilaksanakan Farewell Flight Komandan Skadik 101 Letkol Pnb Sukarno, beserta istri dengan calon pejabat baru Komandan Skadik 101 Letkol Pnb H S Romas beserta istri dengan menggunakan pesawat Cessna L 1803.  Kegiatan ini bertujuan sebagai simbol perpindahan tongkat estafet kepemimpinan di skadik 101 serta penyerahan tanggung jawab pengoperasian alutsista di skadik 101.

Sesaat sebelum terbang dilaksanakan pre flight cx oleh kedua penerbang untuk meyakinkan pesawat dalam kondisi baik dan siap diterbangkan.  Setelah mengudara pesawat menuju ke arah selatan untuk melaksanakan manuver di sekitar pantai Parangtritis.

Komandan Skadik 101 Letkol Pnb Sukarno,  beserta istri foto bersama dengan pejabat baru calon Komandan Skadik 101 Letkol Pnb H S Romas beserta istri, usai rapat Paripurna PIA AG Ranting Skadik 101, Senin (9/1). (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)
Komandan Skadik 101 Letkol Pnb Sukarno, beserta istri foto bersama dengan pejabat baru calon Komandan Skadik 101 Letkol Pnb H S Romas beserta istri, usai rapat Paripurna PIA AG Ranting Skadik 101, Senin (9/1). (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Diatas Langit Jogjakarta calon pejabat baru Letkol Pnb HS Ramos beserta istri mendapat penjelasan dan keterangan mengenai Organisasi Skadik 101 khususnya yang berhubungan dengan tugas-tugas pokok dan permasalahannya selama ini.

Sesaat setelah mendarat dilaksanakan penyerahan kunci pesawat yang melambangkan perpindahan tanggung jawab alutsista dari pejabat lama ke pejabat baru yang secara resmi akan melaksanakan tugas pada hari selasa tanggal 10 januari setelah serah terima jabatan.

Letkol Pnb Sukarno pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota atas kerja keras di tahun 2016 dan berharap selama masa kepemimpinan Komandan yang baru nantinya Skadik 101 senantiasa diberikan keselamatan dan keberhasilan dalam setiap pelaksanaan tugas tugasnya.

Tradisi farewell dengan terbang bersama ini mempunyai makna yaitu penyerahan secara simbolis alutsista yang dimiliki oleh skadik 101 dari Komandan lama ke Komandan baru. Dalam acara Farewell ini para Istri dari pejabat lama dan calon pejabat baru memang sengaja diajak ikut terbang dengan maksud supaya para istri dapat merasakan bagaimana tantangan dan resiko pekerjaan dan tanggung jawab yang dilaksanakan oleh suaminya sehingga mereka bisa lebih mendoakan keselamatan para suaminya.

Usai Farewell, Letkol Pnb Sukarno menyampaikan bahwa acara Tradisi Farewell Flight ini merupakan acara yang pertama kali dilaksanakan di Lanud Adisutjipto, dan rencananya akan dijadikan warisan tradisi bagi generasi berikutnya.

Sebelum acara Farewell, telah dilaksanakan acara rapat paripurna PIA Ardhya Garini  Ranting Skadik 101. Dalam Rapat Paripurna Ketua PIA AG Ranting 01-2/G II Skadik 101 tersebut, Ny. Sukarno kepada calon pejabat baru PIA Ny. HS Romas melaporkan semua program kerja yang telah dilaksanakan. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama menjabat Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 01-2/G II Skadik 101, telah berusaha melaksanakan tugas dan Program Kerja yang telah direncanakan. (Kumara)

Check Also

Presiden Adalah Kepala Pemerintahan dan Bukan Petugas Penegak Hukum Tertinggi atau Chief Law Enforcement Officer

Opini, sketsindonews – Terkait Pernyataan Paslon 02 Prabowo- Sandi dalam debat perdana yaitu Presiden merupakan …

Watch Dragon ball super