Home / Berita / Febi Festian Akui Serahkan Uang Suap di Kasus SPAM

Febi Festian Akui Serahkan Uang Suap di Kasus SPAM

Jakarta, sketsindonews – Tersingkapnya pengakuan saksi Febi Festian di ruang sidang Pengadilan Tipikor telah memberikan uang sebesar Rp1 miliar untuk Terdakwa Rizal Djalil mantan Komisioner Badan Pemeriksa Keuangan, mengindikasikan dugaan keterlibatannya dalam perkara rasuah ini kian menguat.

Pasalnya Febi Festian dihadirkan oleh Jaksa KPK untuk memberikan kesaksian terhadap Rizal Djalil terkait perkara gratifikasi proyek Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM di Kementerian PUPR.

Dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Albertus Usada, Febi mengakui menitipkan tas paper bag kepada Dipo Nurhadi Ihlam. “Paper bag itu saya serahkan kepada Dipo di Transmart Cilandak, Yang Mulia,” ujar Febi Senin (1/3/21).

Hakim Albertus Usada SH MH yang juga menjabat Wakil Ketua PN Jakarta Pusat, sempat membacakan berita acara pemeriksaan atau BAP atas nama Febi Festian, mengaku bahwa fulus ditempatkan dalam boks bekas sepatu milik saksi.

“Mana yang benar boks bekas sepatu atau paper bag? Apakah mungkin uang satu miliar ditaruh dalam paper bag? tanya ketua majelis hakim dengan nada bertanya. “Ini (paper bag) kalau bawa uang satu miliar pasti robek lah,” katanya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (1/3/21).

Meski demikian Febi tetap meyakini pemberian uang Rp1 miliar menggunakan paper bag. “Saya meyakini Yang Mulia uang itu saya gunakan paper bag ditutupi plastik warna hitam,” tegas Febi.

Sementara itu kuasa hukum Rizal Djalil, Soesilo Aribowo mengatakan, sepatutnya lembaga anti suap menetapkan Febi sebagi tersangka karna menjadi bagian dari penerima uang suap. “Karena dia (Febi) menerima uang itu sebesar USD 20,000,” ucapnya melalui aplikasi Whatsapp, Selasa (2/3/21).

Bahkan Soesilo menyebutkan peran Febi sangat jelas sebagai perantara di muka persidangan. “Sehingga dengan prinsip keseimbangan dalam hukum dia juga dapat dimintai pertanggungjawaban,” pungkas Soesilo Ariwibowo.

(Sofyan Hadi)

Check Also

Komandan Lantamal III Hadiri Sosialisasi Unclos 1982 di Jajaran Koarmada I Tahun 2021

Jakarta, sketsindonews – Komandan Lantamal III Brigjend TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P. menghadiri Sosialisasi Unclos …

Watch Dragon ball super