Festival Pasar Baru 2019, Menjaga Kelestarian Kawasan Iconic

Jakarta, sketsindonews – Festival Pasar Baru 2019 yang di laksanakan di Jalan Pintu Air I dibuka tadi pagi oleh Sekertaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin.

Festival Pasar Baru sudah berapa lama tak dilaksanakan oleh Pemda DKI Jakarta, namun kali ini kembali di hidupkan seiring dengan HUT DKI ke 492 untuk menjadikan momentum kegembiraaan warga serta para pengunjung di sekitar kawasan pusat belanja Pasar Baru.

Menurut Iqbal Akbarudin, Festival Pasar Baru merupakan pusat Belanja yang iconic sehingga perlu kelestarian budaya, dan itu mempunyai historis sejarah sejak berdirinya pasar sejak kolonial, ungkapnya. (13/7)

Dengan promo Festival atau kegiatan lain diharapkan peran potensi stake holder kawasan pasar baru lebih ramai secara kuantity pengunjung maupun kwalitas penataannnya.

Festival Pasar Baru 2019, Menjaga Kelestarian Budaya

“Untuk kedepannya peran stake holder maupun komunitas yang ada dalam keberadaan peran partisipatif sungguh sangat diharapkan lebih aktif untuk dapat di nikmati warga melalui festival belanja dan budaya secara terjangkau, jelas Iqbal.

Sementara Kepala Sudin Pariwisata DKI Jakarta Sonti Pangaribuan menyatakan, sesuai dengan iconic pasar baru sudah sepantasnya kegiatan Festival selama 2 hari ini akan berdampak luas baik nilai ekonomis serta peningkatan value pariwisata dari keberadaan kelestarian pasar baru yang sudah menjadi agenda tahunan Pemda DKI, tuturnya.

Lomba Perahu Air, Musik dan Kuliner

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan lomba dayung perahu air yang diikuti delapan Kecamatan se Jakarta Pusat selain pula up discount belanja hingga 70% bagi pengunjung serta hiburan music betawi dan modern di panggung utama.

Dalam lomba dayung perahu air Kecamatan Menteng menjuarai keduanya putera – puteri selain Kecamatan Sawah Besar dan Kecamatan Gambir juga tak luput meraih juara. Masing – masing menerima langsung penyerahan hadiah oleh Walikota Bayu Meghantara, Wakil Walikota Irwandi dan Seko Iqbal Akbarudin kepada masing peserta dinataranya ; juara I senilai 4 juta rupiah, juara 2 mendapat 3,5 juta dan juara 3 mendapatkan 3 juta rupiah berikut masing – masing peserta mendapat plakat dan piagam.

Sebelumnya Bayu Mega juga secara simbolis membuka “up discount” bagi pengunjung untuk berbelanja secara simbolis dengan waktu 60 menit untuk diburu oleh pembeli di setiap stand di Festival.

Selain pula secara bersamaan Bayu Mega menerima sebuah lukisan foto berbentuk dirinya dari komunitas pelukis yang diserahkan langsung oleh Ketua Komunitas pelukis terkenal Eko Bhandoyo.

“Wah wajah saya terlihat gemuk yah, terima kasih telah terima ini sebagai kenangan”, ucap Bayu sambil berfoto bersama dengan para komunitas pelukis.

nanorame