Home / Berita / Nasional / Filosofi Bola Itu Bulat Merawat Asa Juara

Filosofi Bola Itu Bulat Merawat Asa Juara

Sebuah Analisis Final piala AFF Timnas Vs Thailand

Opini, sketsindonews – Bola itu bulat susah ditebak siapa yang akan memenangkan derbi antara Timnas Vs Thailand. Bisa dikatakan ini adalah Final De Javu,Tiga kali bertemu dan antara kutukan spesialis Runner Up atau ada suatu keajaiban yaitu menjadi sang juara.

Kita harus percaya keajaiban bisa datang dimana dan kapan saja serta dalam momen apa saja. Kita baru merasakan keajaiban yang luar biasa ketika Nadeo mampu menggagalkan tendangan Pinalti Faris di menit akhir leg ke 2 semi final Indonesia Vs Singapura, yang saat itu secara hitung-hitungankita semua sudah yakin 99 % bakalan kalah, namun yang terjadi adalah sebaliknya.

Gegap gempita kita menyambut dengan ke eforiaan diseluruh penjuru tanah air, muncul beberapa meme Asnawi menghiasi media sosial. Massage atau pesan yang perlu diambil hikmahnya adalah suatu keajaiban ketika Timnas mampu melaju kefinal.Ketika tinggal 10% peluang kita justru keajaiban muncul dan kita bisa mengakhiri pertandingan menjadi 4-2 disitulah keajaiban, disitulah campur tangan sang Illahi disitulah keberuntungan, disitulah dewi fortuna dan disitulah Filosofi bola itu bulat.

Terlepas dari itu samua penulis mencoba menganalisis pertandingan final malam ini antara Timnas Vs Thailand dari berbagai sudut pandang.

ANALISA TEKNIS

Dalam masalah teknis ditentukan oleh Pemain, Pelatih dan wasit.Tiga komponen ini akan menentukan hasil dari suatu pertandingan.

Dari sisi pemain ditentukan oleh Mental, Fisik, ketrampilan perorangan,Teamwork, Pengalaman bertanding.

Mental juara dalam pertandingan final sangat menentukan, semoga mental garuda muda tetep terjaga dengan baik, boleh confidence/percaya diri namun tidak boleh Over confidence. Boleh PD percaya diri tapi Janga PD payah deh.

Faktor lainya adalah peran Pelatih yang terdiri dari taktik,Taktik, Strategi, Pshikis. Dari sisi taktik yang digunakan coach STY pendek merapat, kecepatan counter attack dengan mengandalkan kecepatan winger sisi kanan witan dengan dukungan asnawi, di sektor kiri Irfan Jaya dengan dukungan Pratama Arhan namun sangat disayangkan tidak bisa dimainkan.Ada beberapa kemungjinan yang akan diturunkan oleh Coach STY. bisa memainkan Edo atau menggeser ke back kiri Dewangga atau di isi Rumakik entah siapa yang akan diturunkan dalam line up kita serahkan kepada STY yang selalu membuat kejutan dengan Strategi Dinamisnya yang tidak mudah dibaca team lawan.

Strategi daya kejut dan dinamis yang dilakukan STY cukup ampuh dengan produktifitas 18 gol yang telah dibuktikan dengan tidak bertumpu kepada striker.

Peran Wasit dilapangan sangat menentukan dimana wasit dituntut untuk tegas dan fairplay sayangnya tidak didukung oleh VAR ( Video Asistance Refere) dalam AFF dan ini sebuah koreksi untuk AFF masa mendatang.

FAKTOR NON TEKNIS

Faktor non teknis yang menentukan adalah Situasi, Cuaca, lawan, Trend pertandingan terahir Suporter, Media dan sekali lagi dewi fortuna alias Keberuntungan.

Faktor cuaca saya kira saat ini tidak menjadi masalah, kondisi lawan saat ini bek kiri dan penjaga gawang inti Thailand tidak bisa bermain dan ada beberapa pemain yg terkena kartu kuning sebelumnya.

Faktor Situasi saat ini situasi garuda muda sedang diatas angin semoga tidak terbang terbawa eforia, semoga semangat dan motivasi juara tetap terawat sehingga Indonesia Juara.

Trend pertandingan terahir melawan Thailand, Timnas kali ke 4 bertemu di Final di AFF.Satu sisi ini menimbulkan motivasi tersendiri bagi garuda muda untuk tidak disebut spesialis Runner Up.

Faktor suporter alias pemain ke 12 juga sangat berpengaruh, namun saat ini pertandingan di tempat netral dan penonton dibatasi yang tentunya berbeda, sehingga faktor suporter tidak dominan menentukan dan untuk hal ini saya yakin para pekerja kita di singapura, mahasiswa dan para TKI kita di Singapura akan militan mendukung garuda muda.

Analisa Head to head Garuda dari beberapa lini

Lini depan kita semakin tajam dengan masuknya Egi Maulana Vikri si kelok sembilan,Irfan jaya di kiri dengan dukungan Edo bersinergi dengan Ezra/Dedik/Saghara/Yudo sementara di kanan ada Witan dengan dukungan Asnawi Mangkualam.

Sementara di tengah ada Evan, Kambuaya, Rumakik, Irianto, Dewangga dan kondisi saat ini cukup memiliki grafik permainan yang cukup ciamik.

Lini belakang ada Fahrudin, Rizki Rido, Elkan Bagot semakin solid dalam menjaga lini belakang garuda muda.Hanya kartu kuning yang dimiliki Fachrudin mungkin sebagai catatan tersendiri namun masih ada Ibonevo sebagai cadangan.

Sisi penjaga gawang mungkin masih dipercayakan kepada Nadeo Chandrawinata sang pahlawan penalti namun Ernando juga bisa dijadikan pelapis yang tidak kalah tenang dari Nadeo.

Analisa FisikPemain

Pemain kita memiliki masa istirahat yang lebih lama dari Thailand.STY sangat tau tentang fisik pemain kita dan hasilnya kita bisa melihat pemain kita mampu 90 menit bahkan 120 menit untuk terus berlari dan menjaga sektornya.

Analisa Mental dan Emosi Pemain

Mental juara sangat diperlukan dalam final,Atmosfir babak penyisihan tentunya berbeda pada saat final.Atmosfir final adalah atmosfir pertandingan hidup dan mati karena tidak ada pertandingan berikutnya dan tentunya dokrin ini harus terus dijaga dan di rawat STY,pemain dan mangemen Team.

Emosi pemain harus tetap terjaga jangan sekali kali terbawa situasi lawan mengingat pemain kita tergolong banyak dihuni pemain muda dibandingkan Thailand yang lebih bagus dalam kontrol emosi. jaga emosi kurangi pelanggaran yang tidak perlu terutama disektor pertahanan kita apalagi mendekati kotak pinalti.Jangan berikan kesempatan tendangan bola mati kepada Thailand dimana banyak pemain penendang jitu di team Thailand.Sekali lagi kontrol emosi sangat perlu diperhatikan.tetap semangat jangan terburu buru untuk menciptakan gol jangan mlempem ketika kemasukan gol dan jangan emosi dengan tidak membuat pelanggaran yang tidak perlu.bermainlah dengan seni bola yang bersih dan smart wahai garuda muda.

Analisa Team Work

Team work/kerja sama team teruslah dijaga garuda mudaku,Aliran bola dari kaki ke kaki ciri khas tiki taka dengan cepat, hilangkan ego sektoral bermainlah untuk team dan saat ini sudah terbukti dan rawatlah terus kerjasamamu garuda mudaku.

Analisa Taktik dan Strategi Coach

Peran pelatih sangat menentukan dalam Taktik dan strategi. Pelatih Singapura,Vietnam maupun Pelatih Thailand sendiri mengakui sulit menerka taktik strategi STY.

Kita tunggu apa yang akan diterapkan coach STY dan tentunya kita serahkan sepenuhnya kepada Coach STY.dan kita yakin itulah yang terbaik bagi garuda muda.Ikut instruksi coach garuda mudaku.

Analisa pertandingan lampau

Hilangkan masa lalu pertemuan dengan Thailand. Bukalah lembaran baru bahwa kalian adalah team baru dengan gaya dan taktik terbarukan ala STY.Meskipun kita tiga kali dipecundangi Team Gajah putih namun filosofi bola itu bulat dan saya yakin bahwa Tim kita optimis mampu untuk untuk mengalahkan Thailand.Fokuslah garuda mudaku menatap laga final.

Analisa SWOT

SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang biasa digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. namun kali ini metode SWOT akan saya gunakan dalam partai final garuda muda versus Thailanf.

SWOT merupakan akronim dari kata: kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats).

STRENGTS atau kekuatan.kekuatan timnas kita dihuni oleh pemain muda yang tentunya memiliki semangat juang dan fisik yang prima.dan memiliki Coach STY yang cukup memilki strategi yang bagus.

WEAKNESSES/kelemahan.

Dengan dihuni pemain muda kita memiliki kelemahan dari sisi emosi pemain muda yang harus kita kontrol,ketenangan bermain dan tentunya mental juara yang harus dimilki garuda muda.

OPPORTNITIES/keuntungan

Dengan banyaknya dihuni pemain muda yang memiliki semangat juang yang tinggi ini merupakan keuntungan bagi kita.Tempat netral merupakan keuntungan bagi Team kita yang tentunya tidak mempengaruhi pertandingan. Tidak bermainya dua pemain inti Thailand merupakan keuntungan bagi Timnas. Situasi kondisi yang kondusif antara pelatih, pemain dan mangemen merupakan keuntungan untuk menambah spirit moral bagi garuda muda.

THREATS/ancaman.

Ancaman bisa datang dari internal pemain sendiri semisal kontrol emosi pemain yang harus perlu dijaga nengingat timnas banyak dihuni pemain muda. ancaman para penendang jitu bola mati tim Thailand harus betul-betul diperhatikan.

Ancaman dari eksternal kepemimpinan wasit yang kurang tegas/fairplay perlu dijadikan perhatian tersendiri.

Analisa Perbandingan

Perbandingan sisi usia Timnas kita menang usia sementara Thailand lebih tua. Mental juara Tim Thailand memiliki mental juara semoga Timnas tidak demam panggung sehingga memilki mental juara yang tetap menyala.

Novelty Strategi yang perlu diterapkan

Kebaharuan Strategi sangat menentukan dan sekali lagi kita percayakan kepada STY. Kebaharuan dalam cara mendukung Timnas yang mudah memecat/menghakimi pelatih maupun pemain ketika gagal dalam sebuah event. Perbaharuilah dalam kita bertindak,hargailah perjuangan mereka, hargailah sebuah proses bukan hanya dari sisi hasil.

Analisa Filosofi Bola itu bulat dan keberuntungan

Faktor lucky atau keberuntungan didapat kapan saja,dimana saja dan dengan cara apa saja.Mari kita berdoa dengan keyakinan kita semoga Dewi fortuna berpihak kepada Timnas. Mari kita berdoa untuk timnas semoga menjadi juara.Tidak ada hal yang tidak mungkin mudahkanlah perjuangan Garuda mudaku.

KESIMPULAN

Bola itu bulat susah untuk diterka siapa pemenangnya. Namun dengan perjuangan, semangat dan mental juara serta dorongan doa Rakyat Indonesia Garudaku bisa Juara. Akhirnya kita nyanyikan bersama “Garuda didadaku, Garuda kebanggaanku, kuyakin hari ini garuda muda aka menang”

Penulis: Dr Yudi Pratikno, selain Pemerhati bola, juga analisator dan motivator bola Nasional, serta Dosen.

Check Also

Mahasiswa Keio University Jepang Antusias Simak Kuliah Umum Dubes Heri Dan Belajar Tari Ondel-Ondel Serta Tari Piring

Jepang, sketsindonews – Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri …

Watch Dragon ball super