Home / Artikel / FKDM DKI Bertekad Amankan Kota Jakarta di Malam Pergantian Tahun 2019

FKDM DKI Bertekad Amankan Kota Jakarta di Malam Pergantian Tahun 2019

Jakarta, sketsindonews – Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta M. Rico Sinaga, secara dini telah mengintruksikan kepada jajaran anggota FKDM di 5 Wilayah Kota dan Kabupaten menjelang perayaan malam tahun baru 2019 di ibukota untuk meningkatkan kesiap siagaan secara komprehensif dalam membantu pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam menciptakan iklim yang kondusif dan aman.

Kata Rico, ini merupakan perintah Pak  Gubernur yang meminta FKDM turut mengambil peranan dalam rangka menjaga persatuan warga. Kami ingin memastikan perayaan malam tahun baru  dapat berjalan aman, tertib dan tanpa gangguan apapun, sejak sebelum Natal,” jelasnya kepada sketsindo usai rapat kordinasi. (27/12)

Rico mengaku, personel FKDM yang berjumlah 3.870 orang sudah diterjunkan ke seluruh ibukota sejak sebelum Hari Natal kemarin untuk mengawal prosesi keagamaan umat Nasrani dalam menjalankan ibadah Natal.

Selain itu pigaknya tak henti juga terus akan berkoordinasi dengan tiga pilar. Kami pastikan seluruh personel FKDM akan terus menjaga ibukota agar kondusif sesuai harapan perintah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Rico menjelaskan, FKDM merupakan lembaga plat merah yang keberadaannya diatur Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.12 Tahun 2016 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah. 

Regulasi tersebut dikuatkan dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI No.2.771 Tahun 2014 tentang Pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat tingkat provinsi, kota dan kabupaten di DKI Jakarta. 

Rico mengatakan, seluruh anggota FKDM merupakan fungsi bekerja dalam meningkatkan peran antisipatif cegah dini hingga memiliki tugas intelijen yang memberikan informasi ke Pemprov DKI dan Gubernur DKI. Sehingga tidak heran bila pergerakan dan kinerja seluruh personel FKDM seperti tidak terlihat dalam melakukan perannya di masyarakat.

“Kita kerja intelijen, yakni dengan bentuk data, mengumpulkan isu yang berkembang dimasyarakat, menjaring, menampung, melakukan koordinasi serta mengomunikasikan data informasi dari masyarakat untuk di olah sebagai bentuk kongkrit analisa.”

Hal ini tentunya menjadi masukan bagi Gubernur DKI agar potensi ancaman keamanan, gejala, peristiwa dapat dicegah melalui peran berdasarkan partisipatif FKDM menjaga Jakarta sebagai Ibukota Negara tetap aman, dan kondusif, jelas Rico.

reporter : nanorame

Check Also

Camat Kemayoran Berang Isu Tulisan Pipanisasi Air Bersih Warga Kebon Kosong Sudah Basi

Jakarta , sketsindonews – Persoalan warga Kebon Kosong dengan Forsaga (Forum Pemersatu Warga) terhadap pipaniasi …

Watch Dragon ball super