Home / Artikel / FKDM DKI Siap Tunggu Instruksi Gubernur Anies Dalam Apel Akbar di Silang Monas

FKDM DKI Siap Tunggu Instruksi Gubernur Anies Dalam Apel Akbar di Silang Monas

Jakarta, sketsindonews – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dipastikan dijadwalkan menjadi inspektur upacara (Inup) Apel Siaga Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta yang digelar di sisi selatan Monas, Jakarta Pusat, Selasa, (31/7)

“Beliau akan didampingi Wanhat (Dewan Penasehat) FKDM Bapak Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno dan Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Bapak Taufan Bakri,” jelas Ketua FKDM DKI Jakarta, M Rico Sinaga, kepada awak media.

Apel yang diikuti 3.000 an personil pimpinan dan anggota FKDM dari Tingkat Provinsi hingga Kelurahan, rencananya dimulai pukul 07:00 WIB.

Apel tersebur juga akan dihadiri Forkominda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) yang terdiri dari Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya, Pangarmabar, Danlanut Halim PK, Kepala Kejaksaan Tingi DKI, Kepala Pengadilan Tingi DKI, Kepala Imigrasi, Kepala Kanwil Kemenag DKI, dan Ketua MUI DKI Jakarta.

Sejumlah pimpinan dan anggota DPRD DKI Jakarta juga dijadwalkan hadir. Begitupula para Walikota, Bupati, Camat, Lurah. Ketua RT/RW, pejabat dari SKPD terkait, pimpinan dan anggota Kominda (Komunitas Intelejen Daerah), pimpinan dan anggota FKPT, pimpinan dan anggota FKUB, dan Karang Taruna.

Rico mengatakan, Apel Akbar ini penting karena merupakan persiapan untuk pengamanan Pemilu 2019 yang tahapannya telah dimulai dengan pendaftaran Caleg yang ditutup pada 17 Juli lalu, dan akan dilanjutkan dengan pendaftaran Capres-Cawapres pada 4-10 Agustus mendatang.

“Kami mempediksi suhu politik menjelang Pileg dan Pilpres 2019 akan semakin meningkat dan dapat menimbulkan gangguan keamanan. Melalui apel akbar, kami sebagai mata dan telinga Pemprov DKI ingin menunjukkan bahwa kami siap bersinergi dengan instasi terkait, termasuk Kominda, untuk menjaga keamanan dan stabilitas ibukota.

Tapi kami juga menunggu arahan dan saran dari Gubernur yang bertindak sebagai Irup dalam apel besok,” tegasnya.

Terkait dengan penyelenggaraan Apel Siaga ini, pada 27 Juli lalu Sekda Saefullah telah mengeluarkan Instruksi Nomor 66 Tahun 2018 tentang Transportasi dan Snack Bagi Peserta Apel Akbar Forum Kewaspadaan Diri Masyarakat.

Dalam instruksi itu Sekda meminta kepada para Walikota, Bupati dan Bakesbangpol, camat dan lurah agar menghadirkan anggota FKDM dari wilayahnya masing-masing dan memberikan dukungan serta fasilitas transportasi pergi pulang, dan snack.

“Biaya dibebankan pada APBD melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) masing-masing Perangkat Daerah/Unit Perangkat Daerah sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

reporter : nanorame

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super