Back

Media Terpercaya

Forum Dekot Persiapkan Usulan Asmas Prioritas Musrenbang Tingkat Kota Jakarta Pusat

Jakarta, sketsindonews – Anggota Dewan Kota Jakarta Pusat dalam jumpa press dengan awak media untuk mengawali perencanaan pembangunan agar sesuai dengan harapan dan kenyataan usulan masyarakat “bottem up” sekarang masih berjalan di Tingkat Kecamatan.

Forum diskusi Dewan Kota saat ini telah menyusun berbagai agenda terkait persiapan usulan pengawalan Musrenbang pada Tingkat Kota Administrasi yang di jadwalkan jatuh pada minggu kedua bulan Maret 2020.

Menurut Ketua Dewan Kota Jakarta Pusat Dede Sulaeman, program musrenbang tahun 2020 yang sudah tertera dalam usulan di tahun 2019 itu hukumnya wajib untuk dilaksanakan dan sudah menjadi usulan awal oleh SKPD Sudin maupun Dinas.

“Tak lagi itu nantinya menjadi satu kendala atau karena satu alasan klasik,” pungkasnya, Rabu (19/02/20).

Terkait usulan aspirasi masyarakat yang mendesak, dia berharap itu menjadi prioritas rekomendasi untuk bisa dijalankan, minimal bahan itu bisa dijadikan template ditahun kedepan.

“Itu rasional kita nantinya dalam pembahasan Musrenbang Tingkat Kota diharapkan keraguan masyarakat tidak lagi menjadi ambigu antara harapan dan kenyataan,” ucap Dede.

Secara bersamaan Wakil Ketua Dewan Kota Nasirman Chaniago menjelaskan bahwa metode Musrenbang itu harus berbeda seiring dinamika aspirasi warga, dimana di Tingkat Kota untuk dapat lebih banyak porsi usulan warga.

Perlu diketahui penyusunan anggaran dalam musrenbang banyak hal usulan itu keterkaitan program yang bisa berbenturan karena secara protype program ini juga ada usulan keterkaitan dengan KSD (Kegiatan Strategy Daerah) yang merupakan program visi Gubernur DKI Jakarta.

Kedua usulan itu juga ada keterkaitan dengan para politisi (Anggota DPRD) yang juga mengusulkan program dalam musrenbang, sementara porsi usulan masyarakat (asmas) menjadi murni usulan problematika justru tidak terkontaminasi unsur politik akan menjadi terkendala akibat SKPD – UKPD tidak memposisikan porsi yang sama nantinya di Musrenbang Tingkat Kota.

“Ini yang kita kawal sejak dari tingkat bawah, agar nantinya persoalan inventarisasi usulan yang tidak tertampung dalam forum diskusi Dewan Kota akan kita paparkan sebagai rekomendasi atau catatan pada Tingkat Musrenbang Kota, sehingga marwah musrenbang apa yang sekarang ini disusun dari bawah Tingkat mulai pramusren, Musrenbang Kelurahan, Kecamatan dapat menciptakan benar kepentingan warga serta perbaikan lingkungan,” tutup Nasirman.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.