Home / Berita / Fraksi PKS Gelar Diskusi Publik RUU Sumber Daya Air

Fraksi PKS Gelar Diskusi Publik RUU Sumber Daya Air

Jakarta, sketsindonews – Masyarakat kerap kali bergemuruh ketika terjadi krisis energi. Namun krisis yang menyentuh lapisan masyarakat secara langsung sebenarnya adalah krisis air. Banyak yang tidak menyoroti bahkan tidak mengetahui hal tersebut.

Membahas hal tersebut, Rabu (25/7) Fraksi PKS melaksanakan focus group discussion (FGD) berkaitan dengan RUU SDA di ruang fraksi PKS DPR RI.

Turut hadir sebagai narasumber menteri PUPR, Ir. M. Basoeki, bersanding dengan H. Nurhasan Zaidi, S.Sos.I selaku ketua kelompok komisi (Kapoksi) Fraksi PKS.

Basoeki menyatakan semangat eksekutif dan legislatif adalah sama mengenai sumber daya air. “Saya kira kami sepakat sekaligus menjadi amanah konstitusi untuk mengelola air demi kemakmuran rakyat,” ujarnya.

Sementara itu Nurhasan menyoroti regulasi untuk menghadirkan negara dalam pengelolaan air. “Saya kira ini diskusi panjang untuk menjembatani BUMN, BUMD, dan lain-lain agar memaksimalkan potensi tanpa meniadakan peran swasta, tinggal proporsi diperketat,” terangnya.

Nurhasan menambahkan peran masyarakat akan di perbesar. “Masyarakat diperkenankan untuk memproduksi sekaligus mengevaluasi kebijakan-kebijakan sumber daya air, sekaligus membentuk usaha bersama untuk mengelola air.”

Di akhir diskusi narasumber yang mewakili masyarakat menekankan penguatan aspek usaha yang berlatar belakang masyarakat.

“Intinya air adalah milik rakyat banyak jangan sampai di monopoli, RUU ini sudah tepat hanya perlu di pertegas,” pungkasnya.

(Eky)

Check Also

Fokus Survey KHL, Said Iqbal: Gubernur Tidak Harus Tunduk Pada PP 78/2015

Jakarta, sketsindonews – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal kembali menegaskan, bahwa Gubernur …

Watch Dragon ball super