Home / Artikel / Gebyar Prolanis BPJS Kesehatan Promosikan Pola Hidup Sehat

Gebyar Prolanis BPJS Kesehatan Promosikan Pola Hidup Sehat

Jakarta,sketsindonews – Gebyar Klub Program Penyakit Kronis (Prolanis) yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kantor Cabang Utama dilapangan Arcici Rawasari Cempaka Putih dihadiri oleh para Klub Prolanis, Klinik, Kader JKN – KIS maupun peserta Kartu BPJS, tadi pagi (20/5).

Dalam kegiatan itu selain sebagai ajang informasi, edikasi dan silaturahim juga diselenggarakan cek kesehatan secara langsung bagi peserta terhadap penyakit seperti gula darah, tensi darah, dan konsultasi prolanis.

doc.sketsindonews.com

Menurut Kepala KCU BPJS Jakarta Pusat Drg. Bona Evita menyatakan, untuk membudayakan pola hidup sehat dengan aktifitas kebugaran phisik sekaligus merupakan biaya yang sangat murah dalam menjaga penyakit, yakni melakukan Senam setiap pagi, ujarnya.

Keberadaan Klub Prolanis merupakan bagian pelayanan kesehatan, pihak BPJS akan terus melakukan promosi, edukasi, serta informasi bagi peserta JKN – KIS terhadap penderita DM, hypertensi, jantung dan penyakit lainnya.

Kami juga melakukan menciptakan para Kader JKN – KIS dalam upaya memberikan pemahaman promotif preventif secara “Door to Door” terhadap peserta BPJS Mandiri, dengan sumber aksesbilitas serta memberikan remainding terhadap pembayaran peserta, tambah Bona.

“Diketahui, di Jakarta Pusat sebanyak 30 ribu peserta BPJS Mandiri mengalami penunggakan hingga mencapai 45 Milyar.”

Penunggakan pembayaran peserta BPJS, pasalnya keterkaitan layanan jaminan kesehatan di Rumah Sakit.

Jika ini terkena tunggakan, kata Bona. Maka layanan sementara selama 1 bulan di non aktifkan dengan pelunasan maka pihak peserta akan diaktifkan lagi.

Dari 9 prolanis, total prolanis di Indonesia sebanyak 250 prolanis jumlah tersebut semakin meningkat untuk seluruhnya BPJS mengcover jaminan kesehatan terhadap 5.342 FKTP, 6.468 Klub Prolanis, dan 101.486 peserta Prolanis yang tersebar di 288 Kabupaten Kota. Tercatat sebanyak 302.325 peserta Prolanis DM dan 334.979 peserta Prolanis hypertensi, jelas Bona.

Salah satu peserta BPJS JKN – KIS Pua Magharani pensiunan Dinas Pendidikan manta Kepala Sekolah saat di temui sketsindonews.com mengatakan, dirinya merasa nyaman dengan layanan Kartu BPJS segala aktifitas kebutuhan baik kontrol dan konsultasi pelayanan kesehatan kami dapat dengan mudah di selesaikan oleh BPJS, ujarnya.

Begitu pula dengan obat – obatan hasil layanan kesehatan tak ada masalah selain kami juga mengikuti Klub Prolanis sebagai ajang silaturahim, edukasi dan konsultasi persoalan penyakit.

Pola hidup sehat dan saran dengan program promosi promotif preventif semakin kami yakin percaya hidup kami lebih sehat dan bugar dalam menjaga keseimbangan penyakit yang kami derita, ujar Pua.

reporter : nanorame

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super