Home / Tak Berkategori / Gembalakanlah Domba Allah
Foto ilustrasi. (Dok. Morelord)

Gembalakanlah Domba Allah

Yohanes 21:15-19

Renungan – Petrus, dikenal sebagai murid yang sangat dekat dan dikasihi Tuhan Yesus, tapi pernah gagal dalam pengiringannya kepada Tuhan karena telah menyangkal Tuhan sebanyak 3x.

Bahkan, peristiwa Petrus menyangkal Tuhan Yesus tercatat dalam ke-4 kitab Injil: Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

Penyangkalan yang dilakukan Petrus ini bisa disamakan dengan pengkhianatan yang dilakukan oleh Yudas Iskariot.

Yang membedakan: Petrus segera menyadari kesalahannya dan bertobat, sementara Yudas Iskariot tidak, sampai akhirnya ia harus mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis yaitu bunuh diri.

Setelah sadar akan kesalahannya, karena telah menyangkal-Nya sebanyak tiga kali, Tuhan Yesus pun menguji kesungguhan kasih Petrus.

Di tempat yang sama yaitu di tepi Danau Galilea, tempat Tuhan Yesus memanggil Petrus untuk menjadi murid-Nya saat sedang menebarkan jalanya, “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” (Matius 4:19), di situlah Tuhan Yesus kembali mengingatkan dan mempertanyakan seberapa besar kasih dan komitmen Petrus, sampai-sampai Tuhan mengulang pertanyaannya sebanyak tiga kali:

“Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.”

Setelah mendengar jawaban Petrus, untuk ketiga kalinya pula Tuhan berkata kepada Petrus, “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Hal itu menunjukkan bahwa Tuhan sudah mengampuni dan tidak lagi mengingat-ingat kesalahan Petrus di masa lalu.

Seperti kata pemazmur, “sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.” (Mazmur 103:12).

Apakah yang kita sudah perbuat selama ini?

Mungkin kita telah banyak mendukakan hati Tuhan, Mungkin kita sudah suam-suam mengikuti Tuhan lagi, Atau mungkin banyak lagi masalah rohani yg kita sedang hadapi.

Marilah kita mengoreksi kerohanian kita saat ini dengan pertanyaan Kristus kepada Petrus Jika pertanyaan Yesus ini ditanyakan kepada kita, Apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada harta bendamu, lebih daripada pekerjaanmu, lebih daripada segala milikmu didunia?

Apakah yabg menjadi jawab kita Kalau Tuhan menanyakan, apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada yang dilakukan oleh saudara-saudara seimanmu? Apakah yang menjadi jawab kita?

Kiranya jawaban kita seperti Petrus, ya Tuhan saya mengasihiMu, Engkau tahu aku.

(Renungan HKBP Ujung Menteng)

Check Also

PT JIEP Raih 7 Award Di Tahun 2018, Terbaru Dalam Ajang BUMN Marketing & Branding Award 2018

Jakarta, sketsindonews – PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) meraih 2 (Dua) penghargaan dalam ajang …

Watch Dragon ball super