Home / Artikel / Jagat Misteri / Gunung Lanang, Tempat Berburu Pesugihan
Gambar/ilustrasi

Gunung Lanang, Tempat Berburu Pesugihan

Yogyakarta, sketsindonews – Jika dilihat dari struktur tanahnya, sebenarya Gunung Lanang lebih tepat kalau di katagorikan sebagai sebuah Bukit. Mengingat Gunung tersebut tidak terlalu tinggi. Gunung Lanang masuk dalam Wilayah Jogjakarta, letaknya 40 KM Barat Daya Kota Jogjakarta dan tepatnya berada di Wilayah Dusun Bayeman, Kelurahan Sindutan, Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Jogjakarta. Gunung Lanang terletak di bibir Pantai Glagah yang berada di pesisir Selatan Pulau Jawa.

Bagi para pemburu berkah yang datang dan melakukan ritual di tempat ini, ada serangkaian prosesi yang wajib di laksanakan, di antaranya rangkaian sesaji, dan niat yang mantap atau tidak boleh ragu-ragu. Dengan di pandu sang Juru Kunci, mereka yang memburu berkah menuju ke atas puncak Gunung Lanang. Di sana para peritual, bisa langsung mengutarakan keinginanya kepada Penghuni Alam Lelembut di Gunung Lanang Tersebut. Hal ini di ungkapkan oleh Prawiro Suwito(61th), sang juru kunci dipunden Gunung Lanang kepada sketsindonews.com

Masih menurut keterangan Sang Juru Kunci Gunung Lanang, Gunung Lanang merupakan Gudangnya Harta Benda Keraton Ghoib Nyi Roro Kidul, yang keberadaanya dijaga oleh Makhluk Alam Ghoib bernama Eyang Sidik Permono. Makhluk kasat mata inilah yang akan menemui para pencari berkah yang datang dan melakukan ritual perjajian di Gunung Lanang.
”Bila di terima permohonanya oleh Eyang Sidik Permono, maka akan di berikan apapun keinginan sang peziarah tersebut. Tetapi, kelak di kemudian hari ketika saatnya tiba, maka sang pemuja pesugihan akan di bawa ke Keraton Ghoib Gunung Lanang sebagai konsekwensi dari perjanjian Ghoib tersebut, “papar Sang Juru Kunci.

Kiranya tidak berlebihan bila Gunung Lanang dikeramatkan banyak orang. Dari Hasil Telisik Ghoib yang penulis lakukan, Gunung Lanang merupakan sebuah Keraton Ghoib. Dan apa yang di katakan sang juru kunci kiranya tidak berlebihan, di alam lain, penulis di sambut oleh Kakek Tua berjanggut panjang. Dialah yang di sebut sang Juru kunci sebagai Eyang Sidik Permono.

Dalam pandangan Ghoib penulis, di Keraton Ghoib Gunung Lanang banyak dihuni jin-jin perempuan yang siap membantu dan mendampingi para pemburu berkah. Dalam kesempatan itu, Eyang Sidik Permono menitipkan sebuah Batu Mustika kepada Penulis, yang konon katanya, bisa menjadi sarana untuk memanggil Eyang Sidik Permono kapan dan di mana saja.

Gunung Lanang hanyalah sepenggal kisah dari seluruh rentetan kisah pesugihan dan tempat berburu berkah dinusantara ini. Penulis sajikan Liputan ini semata – mata penulis berniat hanya sebagai wacana dan pengetahuan bahwa ternyata ada sebagian orang yang masih mau berkolaborasi dengan makhluk Alam Lain yang pada Akhirnya sang pemujalah yang akan merugi. Semoga para pembaca yang budiman bisa memetik hikmah dari pengalaman dan tulisan ini.

Oleh : Kumara (ki gedhe djati)

Check Also

Misteri Leak Bali dan Pemburu Leak

Misteri, sketsindonews – Beberapa tahun yang silam, waktu itu saya masih duduk di bangku Sekolah …

Watch Dragon ball super