Home / Artikel / Habib Rizieq Akan Diperiksa Terkait Rencana Makar 212

Habib Rizieq Akan Diperiksa Terkait Rencana Makar 212

Jakarta, sketsindonews – Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Syihab akan diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus makar yang melibatkan Sri Bintang Pamungkas.

Sebelumnya kuasa hukum Gerakan Nasional Pembela Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Kapitra Ampera telah menyatakan bahwa Rizieq tidak terlibat dalam dugaan makar tersebut.

“Kalau (aksi) 212 itu rencana makar oleh Rizieq, sudah selesai republik itu. Hancur itu Jakarta kalau Rizieq komandokan,” kata Kapitra di Polda Metro Jaya, Senin, 30 Januari 2017. Menurut dia, hal tersebut menjadi bukti bahwa Rizieq tak ada hubungan dengan gerakan makar para tersangka.
Rizieq rencananya akan diperiksa oleh penyidik Subdirektorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 1 Februari 2017 mendatang. Ia akan dimintai keterangan terkait pertemuan-pertemuan dengan sejumlah tersangka makar.

Meski begitu, Kapitra mengatakan hal itu tak bisa dijadikan alasan keterlibatan Rizieq dalam aksi makar. “Pertemuan itu kan banyak sekali, kan dia (Rizieq) sering diundang dalam acara diskusi,” kata dia.

Jika benar Rizieq terlibat, menurut Kapitra, seharusnya peserta aksi bela Islam 212 akan melakukan gerakan untuk menjatuhkan pemerintah atau makar.

Namun nyatanya, tak gerakan ke arah makar tersebut. Padahal, kata Kapitra, saat itu Rizieq bisa dengan mudah mengarahkan massa. “Orang-orang di massa 212 itu hanya terpengaruh sama Rizieq,” ujarnya.(dikutip laman tempo.co)

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochammad Iriawan sempat mengatakan para tersangka makar akan memanfaatkan aksi demonstrasi 212. Ia menyebut ada massa cair yang berpotensi dimanfaatkan bagi kepentingan beberapa pihak.

Pada akhirnya, Polda Metro Jaya mencokok 8 tersangka atas dugaan makar sehari sebelum aksi 212 pada 2 Desember 2016 lalu itu dilakukan. Dari 8 tersangka, hanya Sri Bintang Pamungkas yang saat ini telah ditahan.

Pada Rabu, 1 Februari 2017 esok, Polda rencananya akan memeriksa tiga orang saksi lain, yakni Rizieq Syihab, Sekretaris Jenderal FPI Munarman, dan Ketua Umum GNPF-MUI Bachtiar Natsir.(*)

Check Also

Rico di Jerusalem : Doa Masyarakat Jordan Untuk Prabowo Menjadi Presiden RI

Jakarta, sketsindonews – Sosok Prabowo Subianto di mata publik Jordania terutama masyarakat muslim sangat familiar dengan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto. Karena Prabowo pernah tinggal di Negara Jordania cukup lama sehingga mereka tak asing, apalagi terdengar Prabowo Subianto di harapkan menjadi Presiden Republik Imdonesia.

Mereka mendoakan agar Prabowo-Sandiaga Uno terpilih memimpin Indonesia dengan damai, beradab untuk majunya bangsa-bangsa di dunia.

Hal ini diungkapkan Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) M Rico Sinaga saat ini berada di Jordania dalam rangka melakukan perjalanan wisata religius ke Jerusalem.

rico.sinaga.jerusalem.teligius.doc 

Doa warga negeri Jordania dengan mayoritas muslim yang sangat kaya minyak bumi untuk pasangan Prabowo-Sandi sangat berharap menjadi pemimpin di Indonesia.

“Masyarakat Jordania sangat familiar dengan Prabowo Subianto. Mereka mendoakan agar Prabowo- Sandi menang dalam Pilpres 2019 nanti. Masyarakat Jordan tahu Prabowo sedang maju ke dua kalinya menjadi capres,” katanya. (23/9)

Rico juga menyampaikan selamat kepada Prabowo-Sandi atas hasil pengundian oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (21/9/2018 ) malam, di mana duet ini menempati nomor urut 2.

“Selamat kepada pasangan Prabowo-Sandi mendapat nomor 2″.

Itu dua jari victory Kemenangan. Saya berbincang-bincang dengan beberapa lapisan masyarakat di Jordan negara Islam ini, saya senyum-senyum, mereka familiar dengan nama Prabowo,” ucap Rico melalui pesan WhatsApp kepada sketsindonews.com.

reporter : nanorame

freedownload Terkait

Watch Dragon ball super