Home / Artikel / Hallo Siskamling, Keamanan Lingkungan Bukan Tanggung Jawab Aparat

Hallo Siskamling, Keamanan Lingkungan Bukan Tanggung Jawab Aparat

Jakarta,sketsindonews – Kondisi wilayah mewujudkan peran masyarakat dalam mewujudkan Pertahanan Keamanan Masyarakat Semesta (Hankamrata) sepertinya hanya “OMDO” (Omong Doank).

Nilai masyarakat tentang siskamling telah punah karena banyak RT-RW menganggap persoalan keamanan menjadi tanggung jawab Kepolisian.

Dalam pantauan sketsindonews.com tingkat kriminal curanmor diwilayah sangat tinggi, itu kerap terjadi apa yang diungkapkan dalam koordinasi rembug warga (3 pilar) persoalan itu yang selalu di bicarakan warga setiap lingkungan.

Menurut Bayu Sudarmadji Anggota Dewan Kota Jakarta Pusat mengukapkan, peran RT-RW dalam menggiatkan keamanan wilayah sudah hampir punah karena tak peduli terhadap perlindungan kerawanan, padahal ini menjadi sistem keamanan yang efektif.

“Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan, yang secara partisipatif hubungan kelembagaan RT RW di uji oleh menggerakan potensi itu”, kata Bayu.

Bahkan, Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede selalu mengingatkan kondisi kekinian bukan saja pada perubahan cuaca ekstrem, namun potensi politik juga sangat tinggi untuk warga lingkungan mampu melakukan koordinasi sistem keamanan lingkungan, tambah Bayu.(3-12-2016)

Sementara Kapolsek Kemayoran Kompol Desas Furyanto kepada sketsindonews.com pernah mengatakan, tingkat kriminal di wilayah Kelurahan Utan Panjang pada dekade serahun sangat zero dalam kasus, tukasnya.

Kenapa demikian, kata Desas. Ternyata Utan Panjang memiliki SISKOMAS (Sistem Komunikasi Masyarakat) secara lembaga yang berjalan secara efektif dalam menjalankan fungsi kontrol lingkungan.

Lembaga itu terus berjalan dengan eksistensinya di wilayah dalam membangun dengan pilar sosial di masyarakat menjalin komunikasi dan pemetaan kerawanan hankamrata secara baik.

Polisi hakekatnya punya bimaspol yang juga terbatas dalam menyikapi persoalan, tanpa masyarakat RT RW yang bisa menggerakan potensi masyarakat secara partisipatif, tak menutup kemungkinan kasus kriminal di wilayah dapat di antisipasi oleh kekuatan lingkungan sendiri, tutup Desas. (Nr)

Check Also

Ingub No.10 Tahun 2016 Percepatan Johar Baru Hanya Menguntungkan Pihak Ketiga

Jakarta, sketsindonews – Anggota DPRD DKI Jakarta sekaligus politisi partai Hanura Veri Yonevil saat menyinggung …

Watch Dragon ball super