Hidup Bersama Kasih Allah

oleh
oleh
Ilustrasi
banner 970x250

Rut 2:8-16

Renungan, sketsindonews – Sangat kontras dengan kehidupan kita dewasa ini dimana sadar atau tidak sering mengukur orang dari siapa dia secara duniawi (suku, bangsa, kedudukan, tingkat pendidikan, kekayaan, dsb.) dan itu mempengaruhi kita, baik dalam hubungan dan perbuatan kita. Hal-hal keduniawaian sering lebih mempengaruhi kita dalam berbuat baik. Kita ambil contoh.

banner 300x600

Bila ada kegiatan penghiburan terhadap anggota jemaat yang berduka, banyak tidakanya jemaat hadir umumnya dipengaruhi faktor kekerabatan secara adat ketimbang implikasi kerohanian. Demikian juga dalam kunjungan kepada orang sakit dan kegiatan diakonia lainnya.

Kalau demikian, apa bedanya dengan dunia ini? Boas tidak demikian terhadap Rut. Walaupun masih ada faktor kekeluargaan, tapi implikasi imannyalah yang mendorong ia berbuat baik dengan menolong Rut.

Secara duniawi tidak ada yang dapat diharapkan dari Rut. Itulah sebabnya, keluarga yang paling dekat dengan Naomi yang seharusnya lebih bertanggungjawab “menebus milik puasaka” Naomi serta mengambil Rut menjadi istrinya (sesuai dengan kebiasaan di Israel pada waktu itu) menolaknya karena dianggap tidak menguntungkan, sebaliknya merugikan.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.