Home / Artikel / Hidup Dalam Kebenaran Bukan Berarti Terbebas Dari Persoalan
Foto ilustrasi. (Dok. Morelord)

Hidup Dalam Kebenaran Bukan Berarti Terbebas Dari Persoalan

Mazmur 43:1-5

Renungan – Terkadang timbul pertanyaan dalam kehidupan kita; “mengapa hal-hal buruk bisa terjadi bagi orang-orang yang hidupnya benar?”

Setidaknya ada dua alasan sederhana untuk menjawab pertanyaan : Situasi ini mengingatkan kita, bahwa kita semua adalah manusia berdosa. Yang kedua, adalah untuk menekankan bahwa tidak seorangpun dapat terlepas dari persoalan.

Maka selama kita hidup dalam kebenaran bukan berarti hidup kita terjamin bebas dari persoalan, bahkan tidak semua orang senang ketika kita melakukan yang adil dan benar.

Namun yang pasti teladan yang ditunjukkan Pemazmur adalah, penolakan dan hinaan dari sekelilingnya sama sekali tidak membuat dia menjadi kecut, malah semakin bergantung kepada Tuhan karena dia tahu hanya di dalam Tuhanlah ada pertolongan yang sungguh.

Pemazmur datang kepada Tuhan untuk mengadu karena dia tahu bahwa dia mengalami tantangan yang berat justru karena ia hidup di jalan Tuhan.

Dalam Mazmur 44:23 dikatakan, “Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami dianggap sebagai domba-domba sembelihan”.

Sebagai pengikut Kristus, ini yang menjadi andalan kita, bahwa ketika kita mengalami cobaan berat karena iman kepada-Nya, jangan ragu berseru kepada-Nya memohon pertolongan-Nya.

Ada kepastian bahwa seperti Pemazmur yang Tuhan luputkan, maka kitapun akan senantiasa Tuhan luputkan dari persoalan itu dan kita harus imani ketika kita memikul salib dan berjalan dalam keadilan dan kebenaran, maka biarlah Tuhan yang melakukan bagian-Nya untuk kita.

Maka, Tanda syukur Pemazmur atas kebaikan Tuhan yang meluputkannya adalah dia datang ke rumah Tuhan untuk memuji-Nya. Amen

(Renungan HKBP Ujung Menteng)

Check Also

Harkitnas Ke-110, Indonesia Menuju Era Ke-Emasan

Malang, sketsindonews – Bertempat di Stadion Dirgantara Lanud Abd Saleh dilaksanakan upacara bendera dalam rangka …

Watch Dragon ball super