Home / Artikel / Hidup Yang Diberkati

Hidup Yang Diberkati

Kejadian 17:15-27

Renungan, sketsindonews – Menjadikan suatu umat yang kudus dan taat kepada Tuhan bukanlah pekerjaan manusia.

Tetapi Tuhan yang berkarya dengan kuasa ilahinya.

Sebagaimana Kristus datang ke dunia memanggil setiap orang untuk masuk dalam kerajaan Allah. Demikian juga dalam nas kita ini, bahwa pembentukan umat Allah melalui panggilan Abraham ini melatih diri kita untuk sepenuhnya percaya bahwa Tuhan bekerja dan berkarya dalam hidup ini, yang walaupun dari logika dan pikiran kita sulit untuk memahaminya.

Terkadang muncul dalam pikiran kita tentang yang terbaik bagi kita, namun belum tentu itu baik bagi kita sesuai dengan maksud dan rencana Tuhan.

Tuhan setia kepada janjiNya dan pasti akan digenapiNya walaupun dalam pertimbangan pikiran manusia muncul kemustahilan. Inilah yang dapat kita lihat dari pertemuan singkat Tuhan dengan Abraham.

Setelah beberapa kali Tuhan menyatakan janjiNya, maka akhirnya Tuhan kembali menyatakan kepastian akan janjiNya.

Namun tanggapan Abraham adalah “tertawa” dalam hatinya, mungkinkah pasangan yang telah berumur senja mendapatkan anak? Abraham mencoba memberikan “solusi” kepada Tuhan melalui Ismael.

Hanya tinggal memberkati Ismael, maka janji Tuhan tentang Abraham akan terjadi. Pemahaman yang salah tentang janji Tuhan bagi Abraham sangat jelas terlihat, yang mencoba dengan melakukan cara sendiri untuk mewujudkan rencana Tuhan dengan berusaha memperoleh anak melalui Hagar hambanya, yaitu Ismael.

Namun Tuhan bukanlah sekecil pikiran manusia, apa yang telah dirancangkan oleh Tuhan pasti akan digenapi walaupun sangat mustahil bagi manusia.

Maka Tuhan berkata kepada Abraham “yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga” (ay. 21). Ketika kita menghadapi jalan buntu, terlintas dipikiran untuk mencari jalan pintas.

Apakah itu karena ketidaksabaran, ketidaksiapan kita menghadapi sulitnya persoalan. Namun firman Tuhan ingin mengingatkan kita bahwa rancangan Tuhan bukanlah sekecil pikiran kita.

Ketidaksiapan kita menghadapi kenyataan terjadi karena kekeliruan kita memahami maksud Tuhan dalam hidup kita. Amen

(HKBP Ujung Menteng)

Check Also

Dankodiklat TNI Laksanakan Kunjungan Kerja ke Lanud Adisutjipto 

Yogyakarta, sketsindonews – Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb Deni Simanjuntak mewakili Komandan Lanud Adisutjipto, menyambut kedatangan Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI Mayjend TNI Benny Indra Pujihastono S.IP beserta ibu  bertempat di Wingdikterbang Lanud Adisutjipto, Selasa (25/9).

Kedatangan Dankodiklat TNI yang didampingi oleh Dirdiklat TNI Marsma TNI Eko Dono, Danpusdikma TNI Brigjend TNI Awaludin dan Wadanpusdikma TNI Kolonel Lek Romanza Bachtiar. Turut hadir menyambut kunjungan tersebut Danse PSDP Kolonel Nav Heri Purwanto serta Dansatdik PSDP Letkol Pnb Daryanto.

Dalam sambutannya, Danwingdikterbang menyampaikan selamat datang atas kunjungan Dankodiklat TNI diiringi harapan selama melaksanakan kunjungan di Lanud Adisutjipto dapat memberikan motivasi kepada para siswa penerbang PSDP TNI dan Sekolah Instruktur Penerbang TNI yang sedang mengikuti pendidikan di bawah pembinaan Sekolah penerbang Lanud Adisutjipto.

Dankodiklat TNI saat memberikan pengarahan dan motivasi kepada para siswa, mengatakan bahwa kesempatan untuk dapat mengikuti pendidikan seperti ini pada hakekatnya merupakan kehormatan bagi kalian, karena untuk mengikutinya terlebih dahulu harus melalui seleksi yang sangat ketat dan harus memenuhi persyaratan sebagaimana yang telah ditetapkan.

“Para siswa hendaknya memanfaatkan kesempatan ini. Manfaatkan seoptimal mungkin dengan mendayagunakan seluruh potensi yang dimiliki, Laksanakan semua aktivitas sesuai Prosedur yang ada. Jadilah sosok penerbang yang handal dan profesional dalam menyelesaikan tugas-tugas yang semakin luas dan kompleks” tegasnya.

Saat berada di Lanud Adisutjipto Dankodiklat TNI dan rombongan melaksanakan kunjungan kerja diantaranya meninjau fasilitas di Skadik 104 dan Kantor Perwakilan Kodiklat TNI.

Dankodiklat TNI juga memberikan pengarahan kepada siswa Sekbang PSDP Angkatan 94 dan 96 serta Siswa SIP TNI Angkatan 80 yang digelar di ruang briefing Wingdikterbang.

Dalam kesempatan kunjungan kerja tersebut Dankodiklat TNI juga melaksanakan briefing penerbangan dan joy flight dengan Danskadik 101Letkol Pnb Frando Marpaung menggunakan pesawat Grob 120 TP-A.

(Amin)

Terkait

Watch Dragon ball super