Implikasi Hukum Penerapan Scientific Marine Accident Investigation

oleh
oleh

Sulsel, sketsindonews – Akhir-akhir ini berita terkait musibah kecelakaan kapal di perairan banyak menghiasi media. Berbagai teori diungkap untuk mengetahi penyebab kecelakaan tersebut dan upaya pencegahannya agar hal yang sama tidak terulang kembali. Begitupun dengan implikasi dan konsekuensi tanggung jawab hukum terhadap semua pemangku kepentingan yang terkait, untuk itulah dipandang penting untuk meminta pendapat dari seorang pakar investigasi kecelakaan yang memahami hokum.

Menanggapi hal tersebut Dede Farhan Aulawi salah seorang Komisioner Kompolnas yang pernah melakukan supervisi penanganan perkara tenggelamnya Kapal Penumpang di perairan Selayar Sulawesi Selatan menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari belasan ribu pulau merupakan sebuah fakta.

Berdiri tegak di antara 2 benua dan 2 samudera dengan sumber daya perairan yang membuat iri banyak negara di dunia. Secara demografis penduduknya tinggal dan terbentang dari Sabang sampai Merauke, dan dari Miangas sampai Rote. Interaksi empirik untuk berbagai kepentingan tentu sangat membutuhkan dukungan moda transportasi perairan, baik transportasi sungai atau laut.

“Dengan demikian tingginya frekuensi dan utilisasi moda transportasi laut harus dibarengi dengan upaya – upaya peningkatan keselamatan transportasi laut oleh semua fungsi terkait sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya masing-masing,” jelasnya.

“Safety Management System harus benar-benar diterapkan,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.