Home / Artikel / Indahnya Festival Budaya Lembah Baliem Jayawijaya

Indahnya Festival Budaya Lembah Baliem Jayawijaya

Jakarta, sketsindonews – Festival Budaya Lembah Baliem dilaksanakan di Distrik Welesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Diadakan tanggal 8 sampai 11 Agustus 2017. Pemaparan Festival ini bertempat di Hotel Morrisey, menteng, hari Jumat (28/7).

John Wempi Wetipo mengatakan festival ini untuk menjaga peninggalan leluhur di daerah jaya wijaya.

” Budaya dan keindahan lembah baliem sangat indah dan berharap dapat di lihat dan di nikmati oleh masyarakat Jayawijaya dan Papua khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya.” Ucap Bupati Jayawijaya di hadapan awak media.

Di tempat yang sama, kepala dinas pariwisata kabupaten jayawijaya menyampaikan sebuah harapan dari pelaksanaan festival budaya Lembah Baliem 2017 akan mendorong minat tingkat wisatawan agar meningkat.

“Pelaksanaan Festival Lembah Baliem tahun 2017 diharapkan meningkat. Tahun 2016 jumlah wisatawan nusantara yang hadir 41.275 sedangkan wisatawan asing 1214. Dan Festival Lembah Baliem diharapkan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang ada di Jayawijaya.” Tutur Alpius Wetipo.

Perlu di ketahui Festival Lembah Baliem awalnya merupakan acara perang antarsuku Dani, Lani, dan Suku Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Sebuah festival yang menjadi ajang adu kekuatan antarsuku dan telah berlangsung turun temurun namun tentunya aman untuk Anda nikmati.

Dalam Festival Lembah Baliem yang ke 28 ini lanjut ketua panitia Gemiantoro Rahardjo mengatakan berlangsung festival ini selama empat hari dan diselenggarakan setiap bulan Agustus bertepatan dengan bulan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Ada katagori baru selain dari katagori yang biasanya seperti pemecahan rekor Muri untuk katagori lempar 1000 sege yang merupakan tombak tradisional suku dani dan lomba foto dengan jutaan hadiah bahkan juga akan menampilkan atraksi utama lembah bahliem”, pungkas ketua panitia. (Edo)

Check Also

Rico di Jerusalem : Doa Masyarakat Jordan Untuk Prabowo Menjadi Presiden RI

Jakarta, sketsindonews – Sosok Prabowo Subianto di mata publik Jordania terutama masyarakat muslim sangat familiar dengan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto. Karena Prabowo pernah tinggal di Negara Jordania cukup lama sehingga mereka tak asing, apalagi terdengar Prabowo Subianto di harapkan menjadi Presiden Republik Imdonesia.

Mereka mendoakan agar Prabowo-Sandiaga Uno terpilih memimpin Indonesia dengan damai, beradab untuk majunya bangsa-bangsa di dunia.

Hal ini diungkapkan Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) M Rico Sinaga saat ini berada di Jordania dalam rangka melakukan perjalanan wisata religius ke Jerusalem.

rico.sinaga.jerusalem.teligius.doc 

Doa warga negeri Jordania dengan mayoritas muslim yang sangat kaya minyak bumi untuk pasangan Prabowo-Sandi sangat berharap menjadi pemimpin di Indonesia.

“Masyarakat Jordania sangat familiar dengan Prabowo Subianto. Mereka mendoakan agar Prabowo- Sandi menang dalam Pilpres 2019 nanti. Masyarakat Jordan tahu Prabowo sedang maju ke dua kalinya menjadi capres,” katanya. (23/9)

Rico juga menyampaikan selamat kepada Prabowo-Sandi atas hasil pengundian oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (21/9/2018 ) malam, di mana duet ini menempati nomor urut 2.

“Selamat kepada pasangan Prabowo-Sandi mendapat nomor 2″.

Itu dua jari victory Kemenangan. Saya berbincang-bincang dengan beberapa lapisan masyarakat di Jordan negara Islam ini, saya senyum-senyum, mereka familiar dengan nama Prabowo,” ucap Rico melalui pesan WhatsApp kepada sketsindonews.com.

reporter : nanorame

Terkait

Watch Dragon ball super