Home / Berita / JAKPRO Inisiasi Kebersamaan Lintas BUMD Se-DKI

JAKPRO Inisiasi Kebersamaan Lintas BUMD Se-DKI

Jakarta, sketsindonews – Direktur Utama PT. Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto mengatakan sebagus apapun peraturan jika manusianya tidak mengetahui maka tindak korupsi bisa terjadi.

Hal tersebut diutarakan menanggapi, Kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Direksi BUMN ketika sedang menerima uang suap dari dua kontraktor swasta pada 22 Maret 2019 lalu. Kemudian pada 27 Maret 2019, KPK kembali menangkap seorang karyawan salah satu perusahaan BUMN. 

Menurutnya, hal ini perlu dikupas tuntas penyebab dan situasi-situasi yang perlu dicermati sehingga penegakan integritas dapat dipupuk dengan upaya-upaya sejak dini. 

“Menjadi pelajaran bagi BUMD agar terhindar dari kondisi serupa,” katanya.

Keseriusan tersebut ditunjukkan Jakpro dengan menginisiasi kebersamaan lintas BUMD se-DKI Jakarta untuk memperkuat Good Corporate Governance (GCG) sebagai upaya preventif berkelanjutan agar terhindar dari jerat kejahatan korporasi.

Penerapan Good Corporate Governance (GCG) merupakan salah satu cara untuk memastikan penyelenggaraan manajemen sesuai koridor kepatuhan, tanpa harus kehilangan daya inovasi.

“Sebagus apapun peraturan, bila manusianya tidak mengetahui, tidak memahami atau belum tergerak untuk memahami koridor-koridor governance, maka tindak korupsi bisa terjadi,” ujar Dwi dalam acara perdana “Jakpro Leaders’ Talk”, di Jakarta International Equestrian Park, Selasa (23/4).

Atas dasar hal ini, Jakpro membangun budaya belajar bersama, menggandeng sesama BUMD DKI Jakarta untuk kompak memperkuat GCG. Acara digelar di bawah koordinasi Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta didukung sinergi yang dibangun oleh Forum BUMD DKI Jakarta. 

Semangat membangun Jakarta melalui BUMD bersih dituangkan dalam judul acara “BUMD Bersih, Kite Banget!”. Kalimat kunci ini mengambil rasa lokal Betawi untuk meresap sebagai budaya yang mengakar di era kekinian. 

Jakpro Leaders’ Talk menghadirkan para narasumber ahli yaitu Alexander Marwata (Wakil Ketua KPK), Muhammad Sigit (Deputi Bidang Pencegahan PPATK) dan S. Alexander Sianturi (Treasurer ACFE, Association of Certified Fraud Examiners). 

Agenda “Jakpro Leaders Talk” dijadwalkan berlanjut secara berkala dengan penyelenggaraan bergiliran di antara BUMD se-DKI Jakarta.

(Eky)

Check Also

Bertemu Presiden Jokowi, Habibie Tegaskan Persatuan Bangsa Tak Bisa di Ganggu Gugat

Jakarta, sketsindonews – Selepas pelaksanaan Pemilu 2019, seluruh rakyat Indonesia diharapkan dapat kembali merekatkan rasa …

Watch Dragon ball super