Home / Berita / Jelang Puasa, Kapal Ro-Ro Ditargetkan Siap Beroperasi
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat meninjau kapal penyeberangan lintasan Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang Lampung, di Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (26/2). (Dok. Humas Kemenhub)

Jelang Puasa, Kapal Ro-Ro Ditargetkan Siap Beroperasi

Jakarta, sketsindonews – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Kapal Ro-Ro (Roll On Roll Off) lintas Jakarta-Surabaya, dapat beroperasi sebelum bulan ramadhan.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi usai meninjau kapal penyeberangan lintasan Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang Lampung, di Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (26/2) sore mengatakan bahwa targetnya, kapal Ro-Ro lintas Jakarta-Surabaya harus sudah beroperasi waktu 1 minggu sebelum puasa.

“Kita ingin sebelum puasa, Jakarta-Surabaya sudah berangkat,” ujar Menhub Budi

Diakui, saat ini masih terdapat sejumlah kendala dalam pengoperasian kapal Ro-Ro Jakarta-Surabaya di antaranya belum adanya kapal yang memadai dan penentuan tarif. Terkait penentuan tarif menurutnya bergantung pada tingkat okupansi.

“Kalau okupansi rendah, kecepatan kapal rendah, pasti okupansi kecil. Kalau okupansi kecil, harga tinggi,” ujar Menhub.

Budi meminta kepada PT ASDP untuk melayani lintasan ini dengan menggunakan kapal yang memiliki kecepatan di atas 20 knot agar waktu tempuhnya cepat. Menhub mengatakan dengan dioperasikan kapal Ro-Ro lintasan Jakarta-Surabaya nantinya akan dapat memindahkan 20 persen atau sekitar 2400 kendaraan (truk) dari jalan raya ke kapal Ro-Ro. (Eq)

Check Also

165 Orang Diamankan, Bersama Sajam, Busur Panah Dan Uang

Jakarta, sketsindonews – Ratusan orang yang diamankan dalam aksi di sekitar Jakarta Barat berasal dari …

Watch Dragon ball super