Home / Artikel / Jokowi Heran Suhu Politik Pasca Pilikada Terus Memanas

Jokowi Heran Suhu Politik Pasca Pilikada Terus Memanas

Jakarta,sketsindonews – Presiden Joko Widodo mengakui, merasa heran kekininan bangsa masih terjadi riuh rendah dan panas dinginnya situasi politik Indonesia, disebabkan oleh Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Ini sebetulnya dimulai dari Pilkada. Sebetulnya, dalam perhelatan politik itu biasa saja, jadi hangat atau panas. Tetapi setelah rakyat memutuskan, biasanya sudah adem lagi,” ujar Jokowi saat diwawancarai media di Ruangan Oval, Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Hal itu terbukti dalam ratusan perhelatan Pilkada serentak yang sudah dimulai sejak 2015 lalu. Namun, merasakan suhu politik yang tidak kunjung turun pasca-Pilkada, khususnya Pilkada DKI Jakarta, membuat Jokowi merasa sedikit bertanya-tanya.

“Terutama di Pilkada DKI ya. Rakyat sudah memutuskan pilihannya, juga sudah ditetapkan KPUD. Kok ini masih terus-terusan?” lanjut dia.

Jokowi enggan menduga sebab dari fenomena itu. Dia hanya mengimbau elite politik, partai politik, tim sukses hingga kandidat pasangan calon memberikan pembelajaran berpolitik yang beradab kepada masyarakat.

“Inilah perlunya elite politik, partai politik, tim sukses, kandidat memberikan pembelajaran kepada masyarakat, berpolitik itu seperti apa sih?” berpolitik secara baik, ujar Jokowi.(8/6)

“Berpolitik yang santun, berpolitik yang berkeadaban, berpolitik yang bisa mencerahkan masyarakat, adalah dengan lewat adu ide, lewat adu gagasan, lewat adu program.

Saya kira ke depan harus pembelajaran-pembelajaran seperti itu yang harus kita kedepankan,” lanjut dia.

Sebab, rakyat Indonesia itu butuh sosok teladan dalam hal menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Enggak usah banyak omong lah, kasih contoh, ya sudah. Ya yang paling penting itu, contoh,” ujar Jokowi.

redaksi

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super