Back

Media Terpercaya

Jokowi Masukkan 3 Tokoh Internasional Menjadi Dewan Pengarah ke Tim Pindah Ibu Kota

Jakarta, sketsindonews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengungkapkan alasan dirinya mengajak tiga tokoh internasional masuk dalam tim pemindahan ibu kota negara(IKN) yang baru sebagai Dewan pengarah.

Ketiga tokoh itu adalah President Softbank Corp Masayoshi Son, Putra Mahkota Abu Dhabi Sheiks Mohamed Bin Zayed (MBZ), dan Mantan Perdana Menteri Inggris periode 1997-2007 Tony Blair.

Ketiga figur internasional ini, dikatakan Jokowi akan memberikan kepercayaan bagi dunia terhadap rencana pemindahan ibu kota negara baru.

“Tadi saya sampaikan bahwa yang ingin kita bangun adalah “trust” membangun trustbeliau-beliau ini memiliki pengalaman yang baik di bidang pembangunan kota,” kata Jokowi
di usai menghadiri acara di Grand ballroom, The Ritz Carlton Pacific Place (PP), Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia menyebut seperti Pangeran Abu Dhabi MZB yang memiliki pengalaman pada pembangunan Masgar City dan Masayoshi Son memiliki segudang pengalaman di bidang teknologi dan keuangan. Sedangkan Tony Blair memiliki pengalaman pada sistem pemerintahan.

“Saya kira memang ingin kita bangun trust internasional ada apa yang ingin kita kerjakan,” ungkap dia.

Dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Uni Emirat Arab (UEA) mendapat kesepakatan investasi yang nilainya sangat besar. Bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheiks Mohamed Bin Zayed (MBZ), Jokowi menghasilkan kesepakatan investasi dengan nilai US$ 22,89 miliar atau setara Rp 314,9 triliun.

Kesepakatan itu terdiri dari 11 perjanjian bisnis dan 5 perjanjian pemerintah dengan pemerintah yang meliputi bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset.

Dalam pertemuan itu, pihak Abu Dhabi juga menyatakan minat untuk terlibat dalam proyek pemindahan Ibu Kota ke Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Mendengar minat tersebut, Jokowi pun langsung menawarkan MBZ masuk dalam dewan pengarah pemindahan ibu kota negara (IKN) Indonesia yang baru nantinya.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.