Home / Profile / Advertorial / Jokowin Turunkan Rekor Penduduk Miskin di Indonesia, Statement Pigai Tanpa Akurasi Data

Jokowin Turunkan Rekor Penduduk Miskin di Indonesia, Statement Pigai Tanpa Akurasi Data

Jakarta, sketsindonews – Apakah penduduk Indonesia semakin miskin banyak tulisan tentang kebijakan ekonomi Jokowi dalam pemerintahan berbanding terbaiik oleh persoalan data yang tak pasti dengan tanla bukti akurasi yang ada.

Seperti  yang di sampakain dalam sebuah tulisan Natalius Pigai, sebenarnya saya ingin tertawa, karena menyajikan data yang tidak utuh dan memberikan penilaian hanya menurut kemauan dia saja.

Dalam tulisannya, Natalius Pigai mengatakan bahwa Jokowi yang terburuk didalam menurunkan Prosentase angka kemiskinan, hanya karena menurunkan angkan kemiskinan dari : 10.96% menjadi 9.82%.

Untuk hal tersebut, Natalius Pigai membandingkan penurunan-penurunan yang dicapai oleh presiden-presiden sebelumnya.

Bahkan Natalius Pigai menambahkan keterangan dalam tulisannya sebagai Mantan Kepala Subbidang Statistik Ketenagakerjaan Kemenakertrans RI, seolah-olah data analisa yang disajikan oleh Natalius Pigai adalah analisa dari seorang yang ahli dalam statistik.

Hal ini langsung di sikapi Andrew Parengkuan dari Asosiasi Tenaga Penjual Jasa Keuangan sekaligus Ketua Umum
Rumah Gerakan 98 dan Kepala Bidang Perekonomian. (26/7)

Terang Andrew menurutnya, “Saya sendiri bukan bekerja di bidang statistik dan tidak mendalami ilmu statistic, tetapi ketika saya menemukan data (yang tidak disajikan oleh Natalius Pigai), ternyata untuk dapat menilainya, hanya perlu hitung-hitungan anak SD saja, yaitu meilhat Nilai Tertinggi, Nilai Terendah dalam suatu deret angka”.

Berikut adalah data yang bisa diunduh dari website Badan Pusat Statistik yang sudah saya sederhanakan datanya, serta dikombinasikan dengan masa pemerintahan Presiden RI, pungkasnya.

data.bls.penduduk.miskin.ind.doc

Dari data ini kita mendapati Fakta :
Biar bagaimanapun, Jokowi telah berhasil menurunkan angka kemiskinan, lalu bagaimana bisa hal tersebut dikatakan buruk oleh Natalius Pigai?

Buruk itu adalah ketika angka kemiskinan dibuat bertambah, dan jika terburuk adalah telah membuat angka kemiskinan yang tertinggi.

Angka kemiskinan terendah sebelumnya, pernah dicapai oleh Presiden Suharto, pada tahun 1996, dengan Prosentase 11.30%.
Jika Natalius Pigai masih ingat, pada masa-masa itu, Indonesia dikatakan sebagai salah satu Macan Asia, karena mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi (8.22% tahun 1995 & 7.82% tahun 1996)

Tapi sejak itu perlu waktu lama untuk bisa memecahkan rekor menurunkan angka kemiskinan tersebut, bahkan tahun 1998, angka kemiskinan melonjak menjadi 24.20% yang merupakan angka kemiskinan tertinggi setelah rekor tahun 1996 tersebut.

Hanya orang bodoh yang dapat ditipu dengan statement Natalius Pigai yang hanya menampilkan data angka kemiskinan mulai tahun 1998 (tertinggi), lalu membandingkannya dengan kinerja pemerintahan Jokowi, padahal 2 tahun sebelum rekor tertinggi tersebut Indonesia justru mengalami rekor terendah pada masa itu.

Butuh waktu 18 tahun untuk memecahkan Rekor angka terendah tahun 1996 tersebut, dimana dicapai pada tahun 2014 yaitu 11.25% yang dilanjutkan bulan berikutnya menjadi 10.96% yaitu titik dimana Jokowi mulai memerintah.

Jokowi hanya butuh waktu 2 tahun yaitu pada tahun 2016 untuk kembali memecahkan Rekor Prosentase terendah yaitu 10. 86%, dan diperoleh dalam situasi perekonomian dunia yang sedang dalam keadaan krisis.

Tahun 2018, Jokowi mencatat Rekor Prosentase Angka kemisikinan terendah sepanjang sejarah Negara Indonesia, bahkan menembus angka Single Digit!!!

Dari data ini, masih mau mengatakan Jokowi terburuk dalam menurunkan angka Kemiskinan? Siapapun juga tahu, bahwa untuk dapat memecahkan Rekor, adalah sangat sulit, butuh perjuangan dan kerja keras, dan Jokowi berhasil melakukan itu.

Entah mengapa Natalius Pigai selalu membuat statement-staement yang dengan mudah dipatahkan, sehingga terlihat seperti orang bodoh, apalagi jika disajikan data yang obyektif, kata Andrew.

reporter : nanorame

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super