Home / Artikel / Kampung Bandan Ludes Terbakar, 1500 Jiwa Perlu Rumah Tinggal

Kampung Bandan Ludes Terbakar, 1500 Jiwa Perlu Rumah Tinggal

Jakarta, sketsindonews – Pasca musibah kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah di pemukiman padat penduduk di kawasan Kampung Bandan Kecamatan Pademangan, Ancol Jakarta Utara. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung meninjau lokasi pada jam 14.00 WIB untuk melihat langsung peristiwa naas di bulan Ramadhan.

Anies menyatakan, Pemprov DKI Jakarta hari ini memberikan bantuan yang dibutuhkan warga korban kebakaran Kampung Bandan. Bantuan prioritas pasca kebakaran terus berlanjut hingga hari ini. (12/5)

“Pemerintah DKI sudah merepons cepat tadi malam dengan langsung menyiapkan tenda-tenda pengungsian dengan membuat 4 posko pengungsian.”

Selain pihak bantuan tim medis kesehatan untuk menangani korban dampak kebakaran gangguan ISPA, serta luka – luka yang cukup banyak.

Anies menambahkan, terkait soal penanganan kebakaran, Anies menjelaskan, pihaknya juga memastikan warga pengungsian dalam kondisi yang aman walau berdekatan dengan lokasi kebakaran.

“Penanganan Emergency sudah dilakukan sepenuhnya. Kemudian warga tinggal di shelter tanpa ada gangguan dari hujan dan panas. Sambil nanti kita bersihkan tempat ini dan ditata ulang tentunya,” jelas Anies.

Anies mengingatkan bagi warga untuk dapat didata kembali dokumen kependudukan warga korban kebakaran untuk di urus pihak pemerintah, khususnya para siswa – siswi agar mereka tetap terjamin meneruskan sekolah pasca kebakaran, termasuk bantuan sarana sekolah bagi mereka.

Semua anak sekolah sudah langsung disiapkan mulai dari peralatan sekolah seperti, seragam, buku-buku. Ada 5 anak SD, 27 SMP, dan 3 anak SMA. Seluruhnya dijamin untuk langsung meneruskan sekolah tanpa ada gangguan,” jelas Anies mantan Mendikbud.

Untuk diketahui sebanyak 450 rumah atau 450 KK. Lebih dari 3.500 jiwa penduduk kehilangan tempat tinggal mereka di kawasan Kampung Bandan. Musibah kebakaran yang melanda tiga RT yaitu RT 011, RT 012, dan RT 013 berada di RW 05. Seluruhnya ludes dilalap si jago merah, ucap Lurah Ancol Rusmin.

“Ada sebagian rumah kecil disudut-sudut timur. Ratusan rumah yang terbakar meliputi tiga 3 RT antara lain RT 011, 012, 013 di RW 05.”

Saat ini bantuan terus mengalir seperti air mineral makanan siap saji, selimut, matras. Tapi semua ditanggulangi oleh berbagai bantuan dari masyarakat serta Pemprov DKI Jakarta. Kalau dari Sudin sosial setiap malam menyiapkan 3500 makan siap saji,” ungkap Rusmin.

Begitu pula bantuan korban kebakaran dari Aksi Cepat Tanggap (ACTA) telah kami distribusi selain posko utama yang berada disisi Timur, tutup Rusmin.

Lokasi Titik Evakuasi

Lokasi pengungsi terdiri dari tiga titik. Titik pertama adalah titik pusat. Titik pos utama yaitu disisi timur. Sisi tengah ada 4 tenda yang terdiri dari sisi Barat tiga tenda dan lorong.

Warga yang terkena musibah kebakaran ada 400 Kepala Keluarga (KK) atau 2000 jiwa penduduk yang punya KK Ancol dan 1.500 jiwa penduduk sebagiannya adalah penghuni kos.

Kata Rusmin, karena mereka juga harus kita hitung, untuk menanggulangi secara kemanusiaan yang tinggal di wilayah untuk kembali normal, jelas Rusmin.

nanorame

Check Also

Sebanyak 533 Taruna Akmil Kunjungi Mueum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Yogyakarta, sketsindonews – Sebanyak 533 taruna tingkat 1 dan IV Akademi Militer, Minggu (26/5) mengunjungi …

Watch Dragon ball super