Home / Artikel / Kampung KB, 8 Fungsi Kehidupan Masyarakat Ada di RPTRA

Kampung KB, 8 Fungsi Kehidupan Masyarakat Ada di RPTRA

Jakarta,sketsindonews – Kampung KB merupakan program Badan Kordinasi Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN) yang secara utuh menciptakan Pemberdayaan Lingkungan Masyarakat yang terintegrasi, hal ini diungkapkan Kepala Kantor Keluarga Berencana (KB) Jakarta Pusat Irene, dalam acara yang bertajuk BKKBN Terintegrasi Kampung KB Bersama Mitra Kerja di RPTRA Kelurahan Harapan Mulia Jakarta Pusat. (6-12-2016)

Menurut Irene, akses masyarakat terhadap fungsi 8 fungsi kehidupan membangun keluarga perlu terus di galakan bersama Unit Kantor Perangkat Daerah (UKPD) di Kampung KB di seluruh komponen sektor, ujarnya.

Mengaktualisasikan Kampung KB secara terintegrasi akan terbangun nilai-nilai kehidupan bagi masyarakat, baik secara fungsi kesehatan, pendidikan,sosial serta secara ekonomi menuju kehidupan warga Jakarta sejahtera.

“Misalnya saja kami informasikan kepada masyarakat, penggiat, user dalam bidang KB Kesehatan masalah reproduksi dan cegah penyakit kanker bagi kaum ibu”.

Belum lagi pemanfaatan edukasi tumbuh kembang anak, perkawinan dini serta menggerakan potensi lain dalam satu ruang di RPTRA.

Trend RPTRA dalam ajang fungsi ruang publik dapat dilaksanakan berbagai acara secara sungguh meningkatkan peran peningkatan ekonomis serta pertumbuhan masyarakat yang cerdas.

Pos Pelayanan Tekhnologi Tepat Guna (Posyatek), Gross Mart di RPTRA sangat memungkinkan untuk dikembangkan dalam pengelolaan di RPTRA produksi makanan yang secara khusus menguntungkan bagi pengelola yang bisa dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat sekitar Kampung KB.

Kedepannya RPTRA dengan adanya Kampung KB itu harus sudah bisa mandiri dengan tidak lagi mengandalkan operasional pemerintah dalam tata kelolanya, kata Irene.

Dia menambahkan, Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) untuk sudah secara sinergi melakukan penyusunan program di tempat ini.

Begitu pula pihak Sudin Sosial dengan penguatan KUBE (Koperasi Unit Bersama) secara sinergi sektoral dikembangkan melalui sarana program 8 fungsi kehidupan masyarakat (UKPD) sehingga Jakarta Pusat sebagai Kota Layak Anak dapat terpenuhi secara alamiah, papar Irene. (Nr)

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super