Back

Media Terpercaya

Karpet Masjid Istiqlal di Gulung Demi Antisipasi Covid-19

Jakarta, sketsindonews – Karpet Masjid Istiqlal Jakarta di gulung sebagai antisipasi penularan Covid-19 yang bisa terkena jamaah saat melakukan ibadah, dimana pertimbangan ini juga dilakukan oleh berbagai Masjid di dunia.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai skema untuk mencegah masuknya Virus Corona ke dalam masjid. Salah satu langkah awalnya adalah tidak menggunakan karpet yang biasa menjadi sajadah atau alas salat di dalam masjid.

“Kami menggulung karpet karena kasus yang terakhir menimpa jemaat yang ikut pengajian akbar di Malaysia dari Brunei, penularannya oleh karpet. Karena itu kita gulung karpet,” kata Nazaruddin di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat, (13/3/20).

Dia mengatakan langkah serupa juga telah dilakukan beberapa negara di dunia. Termasuk di antaranya negara Arab Saudi, yang menjadi pusat pergerakan umat muslim di dunia.

“Kami imbau kepada seluruh jemaah Masjid Istiqlal untuk membawa persiapan lain, seperti misalnya kita enggak siapkan karpet. Mungkin bawa sajadah masing-masing,” kata Nazaruddin.

Selain itu, Nazaruddin mengatakan hal-hal mendetail lain juga dilakukan pihak masjid. Barang-barang yang biasa digunakan bersama dan berpotensi digunakan bersama, diharuskan steril. Salah satunya adalah mikrofon. Hal ini didukung dengan langkah menyimpan sabun hingga antiseptik di pintu masuk.

“Seperti mikforon kami sterilkan karena setiap pembicara itu lain. Uang receh kan ada uang Cina, dollar, penularan melalui uang juga kami sterilkan,” kata Nazaruddin.

Kami terus berupaya bagaimana antisipasi ini dapat menjadikan tempat ibadah Masjid Istiqlal merupakan sarana ibadah umat Islam dari berbagai daerah berdatangan tentunya menjadi sangat sensitif mudahnya virus ini bisa menyebar sehingga seluruh pojok Masjid kami semprotkan disenfektan.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.