Home / Berita / Kasau Pimpin Wingday Sekbang A-93: Penerbang harus memiliki jiwa Airmanship, Profesionalisme dan Sikap Keperwiraan

Kasau Pimpin Wingday Sekbang A-93: Penerbang harus memiliki jiwa Airmanship, Profesionalisme dan Sikap Keperwiraan

Yogyakarta, sketsindonews – Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna,SE.M.M. hari ini Jumat (3/8) memimpin upacara Wingday 50 penerbang  muda lulusan Sekbang Terpadu TNI A-93, di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Pada Upacara Wingday Sekbang Terpadu TNI A-93 kali ini akan disematkan Wing penerbang kepada  50 Elang muda. Ke-50 lulusan penerbang terdiri dari 15 penerbang bergabung menjadi penerbang tempur, 17 penerbang menjadi penerbang transport,dan 11 penerbang menjadi penerbang Helikopter.

7 penerbang darimatra lainnya yaitu 5 TNI AD dan 2 TNI ALdiserahkan kembali ke Puspenerbad dan 2penerbang TNI AL diserahkan ke Puspenerbal. Semua penerbang nantinya akan ditempatkan ke berbagai skadron udara TNI.

Dalam kesempatan tersebut Kasau menyampaikan menjadi insan udara yang profesional dan qualified dituntut untuk memiliki jiwa airmanship yang tinggi. Airmanship identik dengan profesionalisme sebagai awak pesawat yang meliputi 3 aspek yaitu knowledge, skill dan attitude.

Seorang harus memiliki knowledge yang tinggi tentang dunia penerbangan serta terus menerus untuk membentuk skill terbang yang mumpuni. Selain itu Kasau menekankan aspek yang terpenting yautu attitude dimana seorang penerbang harus memiliki sikap dan kesigapan selama mengawaki pesawat, maupun sikap keperwiraan sebagai Penerbang TNI.

Berhasil tampil sebagai lulusan terbaik jurusan Fix Wing (Penerbang Tempur dan transport)  diraih Letda Pnb. Avinash Harits R, ST Han, sedangkan Letda Pnb. Andi Muhammad Firdaus merupakan lulusanterbaik Rotary Wing (Heli).

Letda Pnb Avinash Haritz R adalah pemuda kelahiran Wonosobo tanggal 18 Juli 1992 putra Drs Sutiyono, Spd  (Guru) dan Ibu Istiyaningsih. Avinash merupakan lulusan AAU tahun 2016 dan saat ini tinggal di Perum Manggisan Indah Mudal Wonosobo. Sedangkan terbaik jurusan Heli (Rotary Wing) adalah Andi Muhammad Firdaus, ST Han. Putra dari Kolonel Sus Drs. Suparyono MT yang merupakan anggota TNI AU dan Ibu Yuhandani ini lahir di Rembang tanggal 31 Januari 1994. Andi tinggal di Blok P Komplek TNI AU Lanud Adisutjipto.

Satu hal yang istimewa, karena Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP beserta Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto akan hadir untuk menyematkan wing penerbang dan menyaksikan upacara Wingday dimana putranya Letda Pnb Handika RB Yogatama secara resmi menjadi penerbang  diantara 50 penerbang muda lainnya.

Pada Upacara Wingday Sekbang Terpadu TNI tahun 2018 ini, bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Pnb Didik Setya Nugroho. Adapun Pasukan dalam upacara Wingday kali ini terdiri dari prajurit Angkatan Darat, Angkatan Laut,  Angkatan Udara Kompi Perwira, Bintara, Tamtama, PNS, Siswa Sekbang, Kompi Taruna AAU, Kompi Denhanud 474 Paskhas, Kompi POMAU, Kompi PNS TNI AU.

Di penghujung upacara Wing Day, direncanakan angkasa Lanud Adisutjipto akan dihiasi dan dimeriahkan oleh penampilan memukau dari Jupiter Aerobatic Team dengan leader Letkol Pnb Marcell Dirgantara, fly pass  pesawat tempur TNI Angkatan Udara yaitu T.50i Golden Eagle pada saat penyematan wing serta Alfa Flight yang merupakan gabungan pesawat Grob dan pesawat KT 1 B Woong Bee.

Selain itu Upacara Wingday juga akan  dimeriahkan atraksi dari drumband Taruna AAU Gita Dirgantara dan akan ditampilkan penerjun-penerjun TNI AU diantaranya Dandenhanud 474 Paskhas dan seorang Ibu PIA Ardhya Garini yaitu Ibu Siti Nurmala.

Pada bagian akhir acara  seluruh wisudawan akan melaksanakan acara tradisi passing out parade yang dilakasanakan oleh siswa-siswa Sekbang di Lanud Adisutjipto. Passing out parade ini merupakan simbol pemberian ucapan selamat jalan kepada senior dari yunior yang melepas menuju pengabdian selanjutnya.

Hadir dalam kegiatan Upacara Wingday yaitu Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Wagub Lemhanas, Aspers Panglima TNI, Para Pejabat Mabesau, Gubernur AAU, Dankodiklatau, Danlanud Adisutjipto, Kapolda DIY serta seluruh Undangan dan Orang tua para penerbang yang diwisuda.

(Red)

Check Also

Buntut Pembobolan Bank 50 Miliar, Bank Mandiri Kemungkinan Akan Digugat

Jakarta, sketsindonews – Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar) kembali mengggelar sidang Praperadilan yang diajukan …

Watch Dragon ball super