Home / Hukum dan Kriminal / Kasus Dugaan Korupsi PT. Pertamina, Kejagung Akan Lakukan Penyidikan
Kejaksaan Agung RI

Kasus Dugaan Korupsi PT. Pertamina, Kejagung Akan Lakukan Penyidikan

Jakarta, sketsindonews – Tim Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) menyelidiki kasus dugaan korupsi pembelian LNG, di PT. Pertamina.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, penyelidikan dilakukan sejak tanggal 22 Maret 2021 terkait dugaan Indikasi Fraud dan penyalahgunaan kewenangan dalam kebijakan pengelolaan LNG Portofolio di PT. Pertamina.

“Saat ini tim penyelidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus telah selesai melakukan penyelidikan untuk selanjutnya dinaikan ke tahap penyidikan” kata Leonard dalam keterangan tertulis pada Senin (4/10/21).

Dijelaskan Leonard, Berdasarkan koordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), penyidik KPK saat ini juga telah melakukan penyidikan terhadap kasus yang sama, oleh karena itu untuk tidak terjadinya tumpang-tindih penanganan perkara, Kejaksaan Agung RI mempersilahkan dan tidak keberatan untuk selanjutnya KPK dapat melakukan penyidikan terhadap perkara dugaan tindak pidana korupsi dimaksud.

Dalam pemberitaan sebelumnya, pada periode 2013-2014 Pertamina telah melakukan kontrak pembelian LNG dari Mozambik yang rencananya untuk kebutuhan listrik dan kilang Refinery Development Master Plan (RDMP).

Negosiasi kontrak tersebut diawali pada 2013 antara Pertamina dengan Mozambique LNG 1 Company Pte. Ltd mulai melakukan pembicaraan terkait potensi suplai LNG.

Kemudian, pada 8 Agustus 2014 kedua belah pihak menandatangani Head of Agreement( (HoA) dengan volume 1 MTPA selama 20 tahun dengan harga DES 13,5% Japan Crude Cocktail (JCC). (Fanss)

Check Also

Tanggapan PWI Pusat Terkait Uji Materi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers

Jakarta, sketsindonews – Sebagai konsituen Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berpendapat bahwa Para Pemohon …

Watch Dragon ball super