Home / Tak Berkategori / Kasus Gagal Ginjal Anak, Ketum LPOI-LPOK : Ini Berita Memalukan!!

Kasus Gagal Ginjal Anak, Ketum LPOI-LPOK : Ini Berita Memalukan!!

Jakarta, sketsindonews – Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam dan Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOI-LPOK) Prof. DR. KH. Said Aqil Siroj angkat bicara terkait kasus gagal ginjal akut misterius pada anak yang telah banyak meregang nyawa.

Aqil mengatakan, ini berita memalukan. Pasalnya, dia belum mendengar suara pemerintah yang tegas atau mengambil sikap.

“Saya belum mendengar suara pemerintah yang tegas ya. Belum mendengar, coba apa? dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) coba apa? jangan cuma imbauan” kata Aqil saat ditemui di Kawasan Jakarta, Kamis (3/11/22).

Aqil juga mengemukakan, Kejadian Luar Biasa (KLB) ini, pemerintah harus mengambil sikap tegas karena kejadian ini (KLB) merupakan situasi darurat nasional.

“Iya, iya, iya (disikapi), kalau dibiarkan mau korban berapa puluh ribu? 135 anak tidak berdosa loh ya, anak kecil. Sungguh kejahatan luar biasa loh ya, kalau itu disengaja. Kalau disengaja itu kriminal luar biasa” tegasnya.

Lebih lanjut, Aqil menilai bahwa ada kesalahan maupun kecerobohan dalam penggunaan Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang membahayakan yang terkandung pada obat-obatan maupun pada plastik kemasan makanan dan minuman.

“Ini kan ada kesalahan, ada kecerobohan, sengaja atau ga sengaja. Itu dulu harus dicari pangkal sebabnya, harus dicari siapa pelakunya, itu dulu.” ucapnya.

Kemudian, lanjut Aqil, harus betul-betul ditelusuri produsen yang sudah mengantongi izin terkait proses dan prosedurnya.

Sekedar informasi, Kasus Gagal Ginjal Akut (GGA) banyak menyerang anak, terutama dalam kurun waktu dua bulan terakhir ini. Per hari Rabu (26/10/22), kasus GGA misterius pada anak telah mencapai 269 kasus dengan rincian, 73 anak masih menjalani perawatan di RS, 157 anak meninggal dunia, dan 39 anak telah sembuh.

(Fanss)

Check Also

Ini Tujuan BINDA DKI Jakarta, Buka Gerai Vaksin Di Mall

Jakarta, sketsindonews – Sentra Vaksinasi Serentak Gandaria City Mall Jl. Sultan Iskandar Muda Jakarta Selatan, …

Watch Dragon ball super