Home / Artikel / Kecamatan Kemayoran Sukses 11 Piala Gebyar RPTRA, Ini Keberhasilan Warga Kemayoran

Kecamatan Kemayoran Sukses 11 Piala Gebyar RPTRA, Ini Keberhasilan Warga Kemayoran

Jakarta, sketsindonews – Meraih Juara Umum dalam sebuah event yang diselenggarakan pemerintah dalam penataan wilayah bukan perkara mudah bagi seorang pamong mengatur potensi serta penggerakan partisipasi.

Dalam 18 kategori lomba gebyar Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) tingkat kota Jakarta Pusat berlangsung meriah di RPTRA, Amir Hamzah, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (01/08/2017).

Dimana Kecamatan Kemayoran menggondol piala dari 18 kategori lomba dan Hari Keluarga Nasional ke-24 merupakan sejarah dalam sebuah event acara yang diadakan oleh pemda DKI Jakarta.

Happy Farida Djarot, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi DKI Jakarta, saat memberikan hadiah kepada para pemenang lomba Gebyar RPTR mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk tolok ukur keberhasilan fungsi dari RPTRA di permukiman warga.
Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede menambahkan, bagi pemenang lomba sesuai kategori akan maju pada tingkat provinsi.

“Pemenang lomba sesuai kategori akan maju ke tingkat provinsi. Saya harap perlombaan ini dapat menjadi wadah untuk mengasah bakat anak-anak. Seperti hubungan anak dengan keluarga dan lingkungannya,” singkat Mangara

Menurut Happy, kegiatan program terpadu yang diadakan untuk warga masyarakat seperti anak-anak, remaja dan orang tua bisa menciptakan kondisi lingkungan nyaman, aman dan tertib.

“Dari 18 kategori lomba, Kecamatan Kemayoran mendapat piala terbanyak. Sehingga menjadi juara umum,” ucap Happy disela-sela acara Gebyar RPTRA di RPTRA Amir Hamzah.

Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede menambahkan, bagi pemenang lomba sesuai kategori akan maju pada tingkat provinsi.

“Pemenang lomba sesuai kategori akan maju ke tingkat provinsi. Saya harap perlombaan ini dapat menjadi wadah untuk mengasah bakat anak-anak. Seperti hubungan anak dengan keluarga dan lingkungannya,” singkat Mangara.

Adapun 18 lomba diantaranya, yakni lomba senam maumere yang dimenangkan tim dari Kecamatan Kemayoran, futsal dijuarai tim Kecamatan Johar Baru, tarik tambang dari tim Kecamatan Gambir, marawis anak dari Kecamatan Tanah Abang, marawis dewasa dari Kecamatan Kemayoran, kosidah dari Kecamatan Johar Baru, cerdas cermat keluarga dari Menteng, lomba menari dari Johar Baru, mewarnai dari Kecamatan Kemayoran, melukis dari Gambir, menyusun lego dari warga Kemayoran, batita sehat dari warga Menteng, balita sehat warga Cempaka Putih, menyusun lego anak-anak Cempaka Putih dan PKB Teladan warga Cideng.

Sementara itu, Camat Kemayoran, Herry Purnama ketika ditanya resep memenangkan perlombaan tersebut dengan santai mengatakan, ada enam RPTRA yang seluruhnya dibekali dengan berbagai kegiatan sesuai potensi wilayah nya masing-masing.

“Ini bukan Keberhasilan saya selaku pamong tapi masyarakat Kemayoran saling untuk mengisi dalam mendorong potensi serta menggerakan pemberayaan wilayah”,tukas Herry.

“Kegiatan di enam RPTRA yang tersebar di wilayah Kecamatan Kemayoran, mayoritas kegiatan RPTRA nya hampir sama, hanya saja lebih difokuskan ke potensi warga masyarakat serta anak-anaknya,” ungkap Herry.

Menurutnya, jika kita sudah mengenali potensi warga melalui pendekatan dengan sentuhan-sentuhan. Maka hasil yang dicapai dapat di raih.

“Tentunya dengan niat serta sungguh-sungguh dalam membuat berbagai kegiatan dengan variable yang terukur, kata Herry.

Sementara Joko Sardjono aktifis lingkungan yang baru saja menerima penganugerahan Priklim, ini sebuah bukti pimpinan Kecamatan Kemayoran mampu dalam tata kelola menggerakan potensi, sebaliknya pemerintah juga memberikan apresiasi atas dedikasi prestasi bagi pimpinan di wilayah yang sudah mampu secara nyata., tukasnya.

Bisa bayangkan dari 18 lomba 11 diantaranya diraih Kecamatan Kemayoean, artinya sukses ini camat Kemayoran mampu mengcreat potensi yang ada untuk digerakan bukan saja pada materi akan tetapi potensi itu bisa digerakan secara sinergi bersama dalam pencapaian hasil menata warganya

reporter : nanorame

 

Check Also

Anggota Dewan Kota Bukan Ngomong Infrastruktur Tapi Bagaimana Mendorong Kesejahteraan Warganya

Jakarta, sketsindonews – Calon Dewan Kota di seluruh wilayah DKI akan mengikuti seleksi tingkat Kota, …

Watch Dragon ball super