Back

Media Terpercaya

Kejaksaan Tangkap Buronan Delapan Tahun Direktur PT Realiance Aset Management

Jakarta, sketsindonews– Usai sudah pelarian terpidana kasus korupsi Evran Fajar Mandala saat diringkus tim tangkap buronan alias Tim Tabur Kejaksaan Agung bersama Kejati DKI Jakarta serta Kejari Jakpus hari ini.

Terpidana Evran ditangkap saat berada di Bintaro Menteng, Tangerang, Banten pada Minggu dini hari (7/2/21) sekitar pukul 01.00 WIB.

Jaksa Agung Muda bidang Intelijen Sunarta, menuturkan berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) nomor: 1621 K/Pidsus/2013 tanggal 8 Oktober 2013 menyatakan Ervan Fajar Mandala terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Ia menjelaskan, penangkapan pria yang dinyatakan buronan sejak 2013 dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) tersebut terkait perkara korupsi dan pencucian uang dalam penempatan investasi PT Askrindo (Persero).

Dalam perkara korupsi dan pencucian uang tersebut, Ervan Fajar Mandala selaku Direktur PT Realiance Aset Management yang bertindak sebagai Manager Investasi dalam penempatan Investasi  PT Askrindo (Persero) yang dilaksanakan secara melawan hukum dalam kurun waktu tahun 2006-2010 yang mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp90 miliar.

Perkara tersebut kemudian bergilir hingga tingkat kasasi. Kemudian Mahkamah Agung (MA) dalam putusan Nomor : 1621 K/Pidsus/2013 tanggal 8 Oktober 2013 menyatakan terdakwa Ervan Fajar Mandala terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan tindak pidana pencucian uang.

Selain hukuman raga, dia juga wajib membayar denda sebesar Rp1 miliar dan membayar uang pengganti Rp796.387.077.

“Namun, setelah putusan MA itu turun, Ervan Fajar Mandala tak juga memenuhi panggilan jaksa eksekutor untuk melaksanakan putusan MA yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht) tersebut, ujar Sunarta, Minggu (7/2/21).

Padahal kata mantan Jampidum, sudah dipanggil secara patut berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku sebanyak 3 kali melalui surat panggilan ke alamat sesuai dengan yang tertera dalam identitas Ervan Fajar Mandala di Jalan Danau Kerinci No 25 Taman Beverly Golf RT 01 RW 08 Kelurahan Bencongan Indah Kota Tangerang, Banten.

(Sofyan Hadi)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.