Home / Berita / Kejari Jaktim Gelar Pemusnahan Barang Bukti

Kejari Jaktim Gelar Pemusnahan Barang Bukti

Jakarta, sketsindonews – Mengacu pada surat perintah Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kajari Jaktim) No. Print-333/ 0.1.13.3/ euh.2/ 05/ 2018, Kasie Tindak Pidana Umum (Kasipidum) gelar pemusnahan barang bukti, Selasa (15/5).

Pemusnahan Barang Bukti tersebut berupa Narkotika, Psikotropika, Barang Bukti Elektronik, obat -obatan dan dus surabi.

Dalam sambutannya, KasiPidum), Ahmad Muchlis mengatakan, bahwa kegiatan pemusnahan Barang Bukti dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan eksekusi Pengadilan yang telah mempunyai ketetapan Hukum tetap sesuai dengan bunyi amar putusan.

“Keseluruhan barang bukti tersebut dirampas untuk dimusnahkan sesuai dengan Pasal 45 ayat 4, Pasal 46 ayat 2 undang – undang RI Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana,” paparnya.

Selain pelaksanaan putusan pengadilan yang telah memiliki ketetapan hukum, menurutnya pemusnahan tersebut merupakan kegiatan berkala yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.

“Selaku eksekutor yang diamanahkan undang- undang untuk melaksanakan eksekusi putusan Pengadilan serta bertujuan mengantisipasi daya tampung ruang barang bukti, serta menghindari kemungkinan terjadinya penyalahgunaan barang bukti terlalu lama,” ujar Ahmad.

Adapun rincian Barang Bukti, sebagai berikut Ganja 7,1Kg dalam 79 perkara, Sabu- Sabu 1,5Kg dalam 381 perkara, Heroin dalam 1 perkara, Ecstasy dalam 8 perkara dan berbagai macam merk HP dalam 469 perkara.

Kegiatan pemusnahan juga di hadiri Kapolres Jakarta Timur, Kepala BNN, Kepala Ruqbasan Jakarta Timur, Kapolsek Jatinegara, Kepala Sudin Jakarta Timur serta Para Jaksa dan seluruh Staf Kejkasaan Negeri Jakarta Timur, Tokoh masyarakat, serta Perwakilan Rw dan Rt setempat.

(Eky)

Check Also

Buka Kesempatan Jadi PNS, Pemprov DKI Jakarta Lakukan Ini

Jakarta, sketsindonews – Dalam rangka memfasilitasi para akademisi yang akan memasuki dunia kerja, Pemerintah Provinsi …

Watch Dragon ball super