Back

Media Terpercaya

Kejati DKI Limpahkan Perkara Korupsi Bank BRI

Jakarta, sketsindonews – Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta saat ini disebut-sebut tengah melakukan penanganan dugaan korupsi di Kantor Cabang Pembantu (KCP), BRI Tomang Jakarta Barat dengan tersangka FSH sebagai Manajer Kredit. Akibat perbuatan FSH tersebut, negara ditengarai menderita kerugian mencapai Rp6 miliar lebih.

Kini kasus korupsi tersebut telah memasuki proses penyerahan berkas tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020).

“Benar sudah diserahkan berkas perkara dan barang bukti ke Kejari Jakpus,” kata Aspidsus Kejati DKI, Siswanto via pesan elektronik, Kamis (05/3/20) sore

Duduk perkara

FSH sebagai Manajer Kredit di Bank BRI Tomang bertugas mengelola dan membina nasabah kredit modal kerja (KMK), melalui fasilitas new accaount sweep yang diduga melakukan penyalahgunaan wewang dalam pengelolaan KMK.

Tersangka FSH melakukan perbuatan itu pada periode 2017 hingga medio 2018.

Modus operandi yang dilakukan FSH yakni dengan menerbitkan kartu anjungan tunai mandiri atau ATM, dari rekening khusus nasabah guna melakukan transaksi menarik dana kucuran kredit dan juga melakukan penyetoran tanpa sepengetahuan serta persetujuan dari kelima nasabah yang menderita kerugian sebesar Rp 6 miliar lebih. Dana hasil kejahatan itu digunakan FSH untuk kepentingan pribadinya.

Adapun pasal yang disangkakan kepada FSH yakni Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 Junto Pasal 18 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana telah dirubah menjadi UU No 20 tahun 2001 tentang Tipikor.

(Sofyan Hadi)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.