Back

Media Terpercaya

Kelurahan Kemayoran “Futuristik Etnic” Hasil Pembenahan Tangan Terampil

Jakarta, sketsindonews – Kantor Kelurahan Kemayoran sejak direhabilitasi oleh pemerintah DKI Jakarta setahun lalu terus dioptimalkan dalam penataan tata ruang kantor serta environmental lingkungan kantor.

Kantor Kelurahan Kemayoran oleh tangan terampil Lurah Rahmat Fajar terus dibenahi seiring nilai futuristic etnik dibangun, seperti pendopo betawi, ruang kumpul diskusi warga, bank sampah, rumah kompos, sarana parkir, dan air mancur patung anak sebagai sarana benih ikan.

Menurut Rahmat Fajar, ia terus lakukan penataan pasca direhabilitasi dengan memanfaatkan barang – barang tak terpakai selain lakukan optimalisasi tata ruang untuk bagian dari pelayanan publik.

“Ide gagasan tertuang dengan melihat bentuk struktur bangunan walau kecil tapi bisa kita bangun sesuai kebutuhan sarana dan prasarana serta memanfatkan skill dimiliki pekerja (PPSU) untuk melakukan inovasi,” terang Fajar, Kamis (23/7/20).

“Yah ini realisasinnya, sehingga hasil penilaipun warga untuk menjadi nyaman, apa yang sudah kita lakukan dalam upaya memberikan perubahan kantor Kelurahan tidak statis seperti kantor lain,” ujarnya.

Konsepnya hijau menjadikan keseimbangan alam selain pernik spot dalam menambah kantor Kelurahan seperti berwarna untuk menumbuhkan kesejukan orang yang datang untuk berurusan.

Selain itu, kata Fajar, ia juga meminta bagi staff maupun PTSP untuk selalu ramah kepada siapapun dengan memberikan layanan keterangan sebagai bagian kualitas pelayanan publik.

Dipihak lain penyusuran sketsindonews masih banyak kantor pelayanan publik (Kecamatan, Keluarahan) mengalami degdarasi tingkat perawatan yang kurang baik untuk melayani masyarakat seperti wastafel, toilet air yang rusak hingga toilet dibiarkan tanpa perbaikan bahkan sabun juga raib dari pemandangan sebagai budaya sehat sesuai protokoler kesehatan.

Pemko melalui Asisten Pemerintahan Deny Ramdhani beserta Tapem secara gencar sering lakukan sidak dan melihat fakta banyak kantor tanpa pembenahan baik secara phisik serta bentuk kualitas SDM sangat rendah tanpa dievaluasi untuk diperbaiki secara phisik tata ruang yang dianggap tidak tertata bila dilihat publik.

Padahal layanan informasi dan digitalisasi, serta penataan kantor representatives telah banyak digunakan sebagai bentuk layanan dengan modifikasi tangan terampil mutu layanan publik sehingga tak perlu lagi informasi layanan berteriak – teriak.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.