Home / Artikel / Kemayoran Tegetkan Bebas Sampah Pinggir Kali Sekaligus Penataan Kawasan Hadapi Asian Games 2018

Kemayoran Tegetkan Bebas Sampah Pinggir Kali Sekaligus Penataan Kawasan Hadapi Asian Games 2018

Jakarta, sketsindonews – Camat Kemayoran kota Jakarta Pusat Herry Purnama dalam target penataan bebas sampah wilayah pinggir jalan pada tahun 2018 akan di selesaikan secara bertahap. Hal ini diungkapkan saat bincang dengan sketsindonews. com saat meninjau lokasi pembangunan LPS ramah lingkungan di Kebon Kosong, Jakarta Pusat. (16/11).

Menurutnya, tahapan pilot proyek pembebasan LPS di Kali Baru Kebon Kosong telah dilakukan sebagai contoh kongkrit untuk tidak lagi ada pembuangan sampah, yang merupakan lalu lintas padat, tuturnya.

lps pinggir kali masih ada. doc

“Sementara kawasan lain akan menyusul tetutama target 2018 sudah tidak ada lagi LPS pinggir kali Item Sentiong dalam rangka turut mendukung partsisipasi aktif persiapan wilayah mrnghadapi Asian Games 2018.”

Kawasan Kemayoran harus segera disterilkan dari pandangan yang tidak elok, dalam mendukung Provinsi DKI Jakarta sebagai lintasan tuan rumah Asian Games 2018.

Sejak dini harus kami persiapkan secara baik penataan kawasan Kemayoran bebas sampah (LPS) pinggir kali, tambah Herry.

Target ini akan terencana  juga karena adanya dukungan semua pihak warga Kemayoran dan pihak Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK)  yang memberikan lahan seluas 1000 M untuk di jadikan lahan LPS ramah lingkungan.

Kalo sudsh jadi LPS,  ini  nantinya sangat realistis, semua pembuangan nanti terintegrasi secara baik dengan dibangunnya LPS yang sudah mulai dibangun pembangunannya yang baru mencapai 20%.

Herry mantan Wakil Camat Tanah Abang ini juga menyadari bahwa ini bukan persolan mudah bila tidak ada dukungan kuat terhadap fasilitas mengangkutan sampah sarana Mobi Sampahl, Germor (Gerobak Motor) serta peningkatan tenaga sampah yang memadai dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta.

Sementara Penggiat Lingkungan Hidup Joko Sarjono menyatakan, dengan keberadaan LPS ramah lingkungan yang ada dilahan PPKK ini harus diimbangi oleh konsep jelas dari Dinas LH, pasalnya hingga saat ini tak ada sosialisasi yang sungguh dari Dinas LH terhadap warga, ucapnya.

Hanya Camat Kemayoran Herry secara “mouth to mouth” melakukan pemberitahuan saat jumpa warga. Tapi secara institusional pihak Dinas LH tak melakukan upaya informasi manfaat LPS,  limbah, amdal serta dampak.

“Warga sudah ada yang protes lho”, karena lambatnya Dinas LH terkait LPS, walaupun secara positif ini sangat menguntungkan wilayah yang selama ini persoalan sampah LPS pinggir kali tak pernah selesai, papar Joko

Untuk itu dirinya meminta pihak Dinas LH ataupun Sudin LH Jskarta Pusat melakukan sosialisasi kepada warga, RT/RW sehingga tidak ada lagi pertanyaan warga.

Apalagi pilot proyek LPS ramah lingkungan 1.000 M benar – benar dapat menjadi harapan warga Kemayoran sekaligus persiapan wilayah Kemayoran mrnjadi lintasan menghadapi Asian Games 2018, tutup Joko

reporter : nanorame

 

 

 

 

 

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super