Home / Berita / Nasional / Kemenag Komitmen Kembangkan Moderasi Beragama

Kemenag Komitmen Kembangkan Moderasi Beragama

Jakarta, sketsindonews – Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Pusat Kerukunan Umat Beragama bersama Paduan Suara Merah Putih menggelar kegiatan talkshow bertema “Moderasi Beragama dan Semangat Kebangkitan Nasional Bersama Seniman dan Budayawan”, Senin (24/5/21) di Jakarta.

Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama, Dr. H. Nifasri, M.Pd mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan Moderasi Beragama kepada masyarakat. Menurutnya, moderasi beragama akan efektif jika benar-benar dilaksanakan oleh masyarakat karena semua agama mengatur.

“Tidak satupun agama yang mengajarkan untuk mengatur orang apalagi sampai membunuh. Nah, agama moderasi ini untuk mengembalikan ajaran yang prinsip dan suci. Jika orang sudah menjadi moderat dalam beragama, dia tidak akan membuat kekacauan-kekacauan dan permusuhan, ”ujar Nifasri.

Ia menambahkan, ada 4 indikator dari Moderasi Beragama yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal. Jika keempat indikator ini melekat pada diri masing-masing, maka akan menjadi kekuatan bagi bangsa kita.

“Orang yang sudah moderat dalam beragama akan melaksanakan aturan-aturan yang ada, menghormati orang lain, menolak dan sebagainya. Moderasi Beragama ini mengembalikan kepada diri kita bagaimana agama ini bisa menjadi sarana untuk kemajuan bangsa kita, ”tambah Nifasri.

Ia berharap, kegiatan ini bisa berjalan sukses dan moderasi agama dijadikan komitmen dan mengimplementasikannya. Kementerian Agama akan terus mengembangkan moderasi Beragama sambil menunggu Peraturan Presiden dikeluarkan.

( shanty )

Check Also

TNI AD Terima 380 Tabung Oksigen Dari SSK Migas dan Kadin

Jakarta, sketsindonews – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bertempat di Gedung Tribun E …

Watch Dragon ball super