Home / Berita / Metropolitan / Kenaikan Op RT RW Perlu Evaluasi Menyeluruh, Ada Apa Ini ! Bagaimana Lembaga Lain

Kenaikan Op RT RW Perlu Evaluasi Menyeluruh, Ada Apa Ini ! Bagaimana Lembaga Lain

Jakarta, sketsindonews – isu Kenaikan gaji (op) RT – RW disoroti anggota DPRD DKI Jakarta, Muhammad Lukman Jupiter yang meminta gaji ketua RT dan RW sesuai UMP nantinya. Dimana fungsi serta peran Ketua RT dan RW yang merupakan garda terdepan di lingkungan, perlu mendapat perhatian lebih Pemprov DKI. Salah satunya, dengan menaikan dana operasional bagi RT/ RW sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP).

“Penyesuaian itu pun, tentunya dikatakan dengan melakukan perubahan Pergub 171 tahun 2016,” ungkapnya, (11/10)

“Dalam rapat Banggar beberapa waktu lalu saya telah menyampaikan bahwa dana operasional RT/RW tidak sepadan dengan tanggung jawab yang dipikul. Karena itu, saya minta agar operasional disesuaikan dengan UMP yang telah ditetapkan Pemprov DKI,” ucapnya.

Sementara Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Idris Ahmad saat diminta pendapatnya mengatakan, bahwa kenaikan op atau honor RT – RW tidak mudah membalikan tangan belum lagi berkaitan penyusaian anggaran saja, tapi minimal perlu adanya kajian atau penilaian subjektif selain perlu evaluasi menyeluruh segala aspek.

Kenapa demikian, Ada apa ini sebenarnya publik bertanya ! Hal ini jangan karena ada maunya !

“Jangan karena ada sesuatu momentum bernuansa politis diambil padahal kita tahu bersama bahwa tugas dalam satu wilayah merupakan kerja semua komponen kelembagaan antar masyarakat,” ucap Idris.(12/10)

Dalam.satu lingkungan kerja RT RW sudah pasti dibantu pihak lain dan itu menjadi pertimbangan lain, dalam lingkungan menuntaskan masalah dalam lingkup warga sudah pasti ada lembaga lain seperti ; PKK, Jumantik, FKDM, LMK, dan Dewan Kota.

“Jangan itu menjadi iritasi hanya RT – RW saja, padahal kinerja mereka bukan sendiri dalam menuntaskan problematika dan optimalisasi menghantarkan pelayanan warga juga menjadi satu catatan dalam kepuasan publik”, terangnya.

Jadi hakekatnya mari kita evaluasi bersama kenaikan itu termasuk sisi lain dalam memacu kinerja dan juga “dong” lembaga lain (plat merah) diperhatikan jangan wacana kenaikan ini justru hanya evaluasi sepihak atas kesukseskan RT – RW, konon dalam peran tugas persoalan wilayah hanya dimiliki hasil dari RT – RW, tutup Idris.

(Nanorame)

Check Also

Mencetak Pengusaha Muda Berbakat, Dermawan dan Potensial

Jakarta, sketsindonews – Pandemi Covid 19 yang masih belum tahu kapan berakhirnya, Aplikasi ” Baqoel” …

Watch Dragon ball super