Home / Artikel / Kepala Sekolah SD Negeri Lena Buru Selatan Maluku Diskriminatif Terhadap Peserta Didik

Kepala Sekolah SD Negeri Lena Buru Selatan Maluku Diskriminatif Terhadap Peserta Didik

Maluku,Buru Selatan, sketsindonews -Sebanyak 15 murid SD Negeri Lena Desa Lena Kecamatan Waesema Kabupaten Buru Selatan telah divonis oleh oknum guru Buru selatan, Kepala sekolah dan guru Kabupaten Buru Selatan, Maluku.

Hal ini telah melakukan intimidasi dengan cara tidak menaikkan kelas atau tingkatan sekolah (SD), dimana dari hasil mereka dianggap nilainya setelah evaluasi nilai semester tidak sesuai standar pendidikan yang di samakan pihak sekolah. Hal ini yang di sampaikan pihak Sekolah SD Negeri Lena kepada pihak orang tua murid Orang tua murid siswa SD.

Menurut Fr (35) salah satu wali murid dalam rilisnya kepada sketsindonews.com menyatakan , Kepala SF Negeri Lena Kecamatan Waesama Kab. Buru Selatan telah lakukan kearogansiannya dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan La Aca Kabaena Kepala Sekolah SD Negeri Lena Kecamatan Waesama Kabupaten Buru Selatan dalam menjalankan dan mempraktekkan sistem pendidikan di sekolah, ujarnnya.

Dia sering melakukan tindakan tindakan diskriminatif terhadap peserta didik termasuk orang tua wali murid untuk mengikuti perintahnya.

Kalo tidak dituruti anak kami jadi korban tidak naik kelas, tambah Fr. Kamipun kena imbasnya.

Sebagaimana di atur dalam Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 pasal 4 Ayat 1 bahwa “Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, Nilai Keagamaan, Nilai Kultural dan Kemajemukan Bangsa”. Dan Pasal 5 Ayat 1 bahwa “Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu”. Serta Pasal 11 ayat 1 menjelaskan bahwa “Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi.

Untuk itu tegas Fr, Kepala Sekolah SD NEGERI LENA DESA LENA, Kecamatan Waesama Kab. Buru Selatan NPSN: 69878987, dan Dinas Pendidikan, telah melakukan Pelangaran Perda No. 4 tahun 2013 Tentang PEMBENTUKAN ORGANISASI DAN TATA KERJA DINAS-DINAS DAERAH KABUPATEN BURU SELATAN pasal 4 dan pasal 5 ayat ( f) Pembinaan kelompok jabatan fungsional.

Kami bersama kelompok wali murid lainnya bersama dengan organisasi Liga Mahasiswa Nasional Untuk Ddmokrasi (EK–LMND Ambon) telah melayangkan surat pada hari Senin, 22 -06-2016 kepada Pihak Kepla Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Buru Selatan dengan No : 018/B/LMND Ambon/VI/2016 PERIHAL : Laporan Masyarakat Terhadap Kinerja Kepsek SDN. Lena Kecamatan Waesama yang di tujukan Kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Buru Selatan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Buce Nataniel Soulisa merespon dengan menyikapi laporan dengan baik, Dan akan menindaklanjuti, dan laporan, untuk segera Memangil kepala sekolah dan murit mengkalrifikasi masalah tersebut mengenai keberadaan 15 siswa yang tidak naik kelas atau tinggal ayam, berdasarkan nilai hasil UAS.

Namun kami masih kecewa ujar Fr, pasalnya sampai saat ini proses tersebut tidak di tindaklanjuti, hanya omongan manis belaka, dan mengabaikan maksud dan tujuan orang tua wali murid untuk mencari Kepastian Hukum.

Dengan tidak ditindaklanjuti laporan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Buru Selatan Pada tanggal 07 Oktober 2016 orang tua murid dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EK–LMND Ambon) membuat surat Pengaduan kepada Komisi C DPRD, kabupaten Buru selatan perihal permaslahan Yang sama, dengan tujuan ingin mendapatkan keadilan yang di lakukan kepada anak2 mereka. Lagi-lagi Ketua DPRD Kab. Buru selatan C, Masrudin Soilisa menangapi, dan menyapaikan hal yang sama, Namun kenyataan hasil laporan mereka juga, tidak ada Respon.

Dengan demikian kami selaku orang tua murid meminta dengan SANGAT TEGAS kepada Bapak/ Ibu untuk harus segera menindaklanjuti laporan ini dan dalam permasalahan tersebut.

ini tak bisa dibiarkan, kami takutkan sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia serta Maluku khususnya di Kabupaten Buru Selatan akan mengalami kemunduran dalam mutu dan kualitas pendidikannya. (De)

Check Also

Luka Terus Menyala Discripsi Ramadhan

Sahur Hari Ketujuh Jakarta, sketsindonews – Sahur di hari 7 di bulan Ramadhan 1439 H …

Watch Dragon ball super