Home / Artikel / Kerja Bhakti Terpadu Di Serdang, Saluran Air Yang Ditutup Warga Dibongkar

Kerja Bhakti Terpadu Di Serdang, Saluran Air Yang Ditutup Warga Dibongkar

Jakarta,sketsindonews – Dalam antisipasi banjir dan genangan di wilayah, khususnya di RW 03 Kelurahan Serdang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat melaksanakan kerja bhakti terpadu.

Pembongkaran saluran dan inrit rumah warga di berlakukan, dimana saluran sudah puluhan tahun mati, ini bukan hanya di keruk melainkan saluran banyak ditutup oleh pemilik bangunan rumah warga.

Menurut Tokoh Masyarakat Edy Supriyadi, kerja bhakti ini akan mubazir jika tidak dilakukan secara serentak dalam menyusuri saluran PHB Taruna Jaya sampai Kali Sentiong SMK 54 untuk di keruk total, tukasnya. (22-01-2017).

IMG_20170122_121118

Diakuinya wilayah RW 03 kini seluruh saluran di normalisasi, tapi ini harus tuntas pada saluran pembuangan akhir, agar air tidak kembali menjadi balik.

Jika tidak, kata Edy. Saluran PHB Kali Taruna Jaya akan berdampak pada saluran komunal lingkungan warga.

Kegiatan ini harus di kawal oleh para Ketua RW dalam usulan topik yang fokus di Musrembang, jangan lagi usulan ditingkat kota berubah dianggap tidak prioritas.

Masyarakat sudah sadar pentingnya saluran dinormalisasi sehingga usulan dari bawah (bootem up) sangat strategis untuk dilaksanakan secara rill dalam penataan lingkungan bebas banjir, ujar Edy.

Menurut Wakil Walikota Jakarta Pusat Bhayu Mergantara yang di dampingi Camat Kemayoran Herry Purnama di lokasi menyatakan, kerja bhakti ini sangat positif untuk menuntaskan beberapa persoalan wilayah, terutama saluran serta jalan dalam antisipasi penataan wilayah bebas banjir, imbuhnya.

Sudah banyak masukan dari warga untuk di lakukan pembongkaran saluran secara terintegrasi di wilayah Serdang, ini menjadi pekerjaan bagi Sudin Tata Air dan Bina Marga di tahun 2017.

Sementara Lurah Serdang Riska Hamdayani mengatakan, kerja bhakti terpadu di RW 03 kami menerjunkan 300 personil baik dari Sudin Tata Air, Bina Marga, Damkar, PPSU di 8 Kelurahan, paparnya.

“Hampir 1000 M2 kanan kiri saluran sepanjang jalan Taruna Jaya kita normalisasi selain pula melakukan pembongkaran Inrit warga terhadap bangunan yang menjorok kesaluran.”

Alat berat bongkar Deco dan mesin driller kami lakukan untuk membongkar bangunan saluran yang ditutup (mati) didalam memfungsikan kembali saluran, tutup Riska. (Nr)

Check Also

Kompleksitas Kadis LH DKI “Truck Sampah DKI Dikandangkan Pemkot Bekasi”

Jakarta, sketsindonews – Kembali persoala klasik mumcul dimana truk sampah milik Pemprov DKI Jakarta dirazia …

Watch Dragon ball super