Home / Artikel / Kesemrawuran Senen,Tata Ruang Banyak Dikuasai Kegiatan Ekonomi Non Formal

Kesemrawuran Senen,Tata Ruang Banyak Dikuasai Kegiatan Ekonomi Non Formal

Jakarta, sketsindonews – Kesemrawutan wilayah Senen dan sekitarnya menghadapi bulan suci Ramadhan 1439 semua sisi jalan menjadi pemanfaatan kegiatan sumber ekonomi bukan saja pedagang, begitu pula parkir liar begitu marak.

Pantauan sketsindonews.com mulai Jalan Senen Raya bunderan segitiga Senen hingga terminal berbagai kendaraan motor parkir orang untuk berbelanja, seolah parkir di Proyek Senen tak berlaku karena pembiaran parkir di jalan.

Borian (35) warga Senen kepada sketsindonews.com mengatakan, penataan Senen tak perrnah berubah menjadi pusat kota baik penataan belanja hingga parkir, dan seterilitas fungsi publik, ujarnya. (20/5)

Kita gak tahu pertimbangan Pemda DKI konsep tata ruang dan penataan sementara apalagi cakupan anggaran dan sasaran penertiban penaatan tidak mempunyai solusi hingga menguntungkan tata ruang DKI Jakarta secara substantif.

Semenrara Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna menjelaskan, bisa dibayangkan hingga mulai jalan ditutup menjadi shelter, trotoar hingga parkir jalan serta fungsi jalur hijau yang di gunakan menjadi fungsi ekonomi.

Kawasan Jakarta malam hari tak ada lagi space publik semuanya di gunakan fungsi ekonomi menjadi alasan (argumentatif) karena tak menganggu kepentingan publik, dan terkesan jalan bagus, trotoar bagus bisa dimanfaatkan bagi kegiatan ekonomi.

Begitukah, ujar Yayat. Karena itu memang fakta bahkan pemda DKI tak pernah serius dalam menangani persoalan kota baik dalam rapat, tandasnya.

Dia pun menanyakan hal ini, seriuskah penataan tata ruang Jakarta bila dikaitkan dengan zonasi aturan perda kaitan sumber ekonomi yang menabrak koridor hukum hingga pemanfaatan karena alasan pemberdayaan non fornal, katanya.

reporter : inong

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super