Home / Berita / Metropolitan / Ketua PKK Jakpus: Gerakan Pertanian Kota Ciptakan Lebih Produktif Bagi Kebutuhan Lingkungan

Ketua PKK Jakpus: Gerakan Pertanian Kota Ciptakan Lebih Produktif Bagi Kebutuhan Lingkungan

Jakarta, sketsindonews – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni menjagi momentum masyarakat untuk melakukan aksi ramah lingkungan dengan penanaman tanaman buah, sayuran, obat keluarga, pangan, mangrove, penebaran benih ikan, aksi sungai bersih dan sebagainya.

Untuk kegiatan di Kota Administrasi Kota Jakarta Pusat kegiatan ini berlangsung di Kebun Kota RW 06 Kelurahan Kebon Kosong sebagai penanda kelompok tani dan masyarakat lainnya berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan Tanam Serentak Se-DKI Jakarta tahun 2021.

Kegiatan ini dalam rangka Instruksi Gubernur (INGUB) No.14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan.

Tema yang diusung yaitu Urban Farming untuk Ketahanan Pangan sekaligus Launching Akademi Urban Farming pada Jumat, 4 Juni 2021 jam 08.00 – 09.30 WIB secara online.

Hadir pada kesempatan itu Ketua PKK
Kota Jakarta Pusat Ucu Jamilah Dhany Sukma didampaingi Camat Kemayoran Asep Mulyaman dan Aktivis Lingkungan Hidup Joko Sardjono secara langsung melakukan panen Raya Kangkung di Kebun Bhineka sekaligus menanam bibit kangkung di lokasi pertanian kota.

Ucu Jamilah Dhany Sukma mengatakan bahwa dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia lokasi ini sengaja kita pilih karena sudah terbukti bisa membangun perkenomian warga dalam mendukung ketahanan pangan lokal pertanian ditengah kota.

“Kami sangat apresiasi gerakan pertanian kota ini dari para penggiat turut aktif dalam mendukung ekonomi kreatif dibidang pangan terlebih kondisi pandemi ini sangat membantu dalam membantu hasil panen untuk ketahanan keluarga,” imbuhnya.

“Dua lokasi ini di wilayah Kebon Kosong dari pemanfaatan lahan milik Sekretaris Negara (PPKK) menjadikan kolaborasi ini menjadi contoh atas dukungan pemerintah dan swasta serta sekaligus perlu menjadi perhatian peran SKPD Pemprov DKI Jakarta sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat petani kota dapat menghasilkan sebuah hasil maksimal dari gerakan masyarakat,” papar Ucu Jamilah.

Sementara Aktivis Lingkungan Joko Sardjono menjelaskan kegiatan Hari LH dunia selain panen raya budi daya kangkung juga penyebaran bibit ikan Lele di Kebun Kota Hatinya PKK Mandiri Kebon Kosong sebanyak 1500 bibit ikan lele secara mandiri.

“Kami juga ucapkan terima kasih pada semua pihak peran SKPD KPKP Dinas dan Tingkat Kota dalam membantu sarana prasarana dan bimbingan tekhnis sehingga memperdayaan pertanian kota dalam lingkungan menjadi lebih bermanfaat bagi sumber kehidupan masyarakat selain hasil produksi bisa di distribusi dari hasil kota menjadi lebih bermanfaat untuk kebutuhan lingkungan,” kata Joko.

Sementara berdasarkan informasi Dinas KPKP DKI Jakarta, data yang masuk per hari Kamis, 3 Juni 2021 jam 12.00 WIB, sudah mendaftar kurang lebih 120 titik lokasi penanaman di DKI Jakarta, yang antara lain diikuti Kelompok Tani, Gang Hijau, RPTRA, Karang Taruna, Hotel, Komunitas, Sekolah, Instansi Pemerintah, Masjid, dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin berpartisipasi, berikut Link Pendaftaran Penanaman Serentak 

Untuk menyaksikan acara pastikan login ke Zoom dengan Meeting ID : 213 531 2396, passcode : tanam2021*

Atau bisa melalui YouTube Go JakFarm DKI Jakarta.

(Nanorame)

Check Also

Terpidana Mantan Jaksa Pinangki Dieksekusi ke Lapas Wanita Tangerang Banten

Jakarta, sketsindonews – Terpidana mantan Jaksa Dr. Pinangki Sirna Malasari, SH,.MH, yang terlibat korupsi dalam …

Watch Dragon ball super