Home / Berita / Nasional / Ketum IDI Beri Laporan Ke Panglima TNI Soal Dr. Terawan, Ini Laporannya

Ketum IDI Beri Laporan Ke Panglima TNI Soal Dr. Terawan, Ini Laporannya

Jakarta, sketsindonews – Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi memberikan laporan kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bahwa mantan Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto diberhentikan secara tetap dari keanggotaan IDI.

Namun, Adib Khumaidi menjelaskan pemberhentian dr. Terawan tidak seumur hidup. Ia memastikan dr. Terawan bisa kembali menjadi anggota IDI.

“Pemberhentian tetap itu tidak diartikan seumur hidup. Jadi masih ada upaya ruang kalau kami sampaikan masih ada ruang kalau beliau (dr. Terawan) berkenan untuk menjadi anggota kembali kita akan kuatkan forum secara internal,” kata Adib saat bertemu Andika Perkasa, seperti disiarkan di YouTube Jenderal Andika Perkasa, Minggu, 24 April 2022.

Menanggapi hal itu, Andika Perkasa kemudian menyatakan pihaknya selalu berpegang pada peraturan perundangan terkait nasib dr. Terawan. Ia juga menghormati aturan dari IDI.

“Kita selalu berpegang pada peraturan perundangan. IDI sebagai institusi juga punya kewenangan yang sudah melekat di dirinya sejak didirikan dan menurut saya itu juga satu hukum atau peraturan perundangan sendiri di internal,” kata Jenderal Andika Perkasa.

Oleh karena itu, terkait nasib dr. Terawan Agus Putranto yang saat ini praktik di RSPAD, Andika Perkasa juga mengaku akan mengikuti aturan IDI.

“Dan saya menghormati, kita ikut, tinggal nanti kami apa yang harus kami lakukan,” ucapnya.

“Tinggal nanti kami, apa yang harus kami lakukan misalkan keputusan apapun IDI. Apa yang berpengaruh terhadap izin praktek Dokter Terawan di RSPAD kalau keanggotaan beliau tidak lagi aktif tetapi sebagai dokter yang juga praktek di rumah sakit kami? Itu juga kita akan ikut aturan,” ucap Andika.

Sebelumnya, dr. Terawan dipecat secara permanen dari keanggotaannya IDI berkaitan dengan dugaan pelanggaran etik yang diduga dilakukannya.

Check Also

PSI Minta Revisi Peraturan BP2MI Nomor 01 Tahun 2020 Segera Diteken Presiden

Jakarta, sketsindonews – Banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) keberatan dan dirugikan dengan ketentuan Pasal 9 …

Watch Dragon ball super