Home / Artikel / Klinik Pratama Cempaka Putih Dukung Implementasi Sistem Rujukan Online

Klinik Pratama Cempaka Putih Dukung Implementasi Sistem Rujukan Online

Jakarta, sketsindonewes –
Klinik Pratama Cempaka Putih merupakan salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat sejak tahun 2014 hingga sekarang.

Sebagai salah satu FKTP yang mempunyai peran aktif terhadap pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, Klinik Cempaka Putih juga turut serta menyukseskan implementasi rujukan online yang saat ini berlaku. Sistem rujukan online merupakan salah satu inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi peserta.

“Kami sangat menyambut baik diterapkannya sistem rujukan online ini. Karena dengan adanya implementasi sistem rujukan online dapat mempermudah peserta baik dalam segi waktu dan tenaga yang lebih efektif dan efisien’.

Kami juga sebagai FKTP mendapatkan manfaat yang baik karena kunjungan kesakitan di klinik kami pun berkurang, sehingga angka kontak sehatnya meningkat dan angka kontak sakitnya pun menurun.” Ungkap Sintha Kesuma Dewi selaku Penanggung Jawab Klinik Pratama Cempaka Putih.(6/11))

Sintha juga menambahkan bahwa dengan adanya rujukan online, peserta tidak perlu merasa khawatir atau cemas karena rujukan yang diberikan ke peserta telah sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan serta telah tercatat didalam sistem aplikasi, sehingga jika peserta lupa membawa surat rujukan cukup menunjukan kartu kepesertaan saja.

Sebagai salah satu inovasi yang positif, sistem rujukan online telah membuat FKTP lebih terarah lagi dalam mengarahkan peserta ke rumah sakit (ke spesialis atau ke subspesialis) sehingga membuat peserta juga lebih terarah lagi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Tidak dapat dipungkiri pelaksanaan dilapangan pun terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Contohnya peserta yang sudah nyaman dengan rumah sakit kunjungan yang lama dan kemuadian diganti sesuai dengan kompetensi dan indikasi medis peserta mengakibatkan peserta akan merasa sedikit tidak nyaman atau kadang tidak mau mencoba dengan prosedur rumah sakit sesuai dengan rujukan yang baru.

Hal inilah yang menjadi tantangan bagi Klinik Cempaka Putih untuk memberikan pendekatan yang lebih lagi bagi peserta untuk selalu memberikan informasi dan meyakinkan kepada peserta bahwa sistem ini diatur untuk kemudahan dan kepastian bagi peserta.

“Perlu benar – bener adanya suatu kerjasama dan koordinasi yang baik dan kuat antara BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan tingkat pertama dan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan, baik berupa tertulis atau komunikasi langsung agar peserta merasa nyaman terhadap penerapan sistem rujukan online ini.” tutup Sintha Kesuma Dewi.

reporter : nanorame

Check Also

Sky Bridge Tanah Abang Ujian Pejabat Yang Terlibat Dalam Menuntaskan PKL

Jakarta, sketsimdonews – Menata “Sky Bridge’ (JPM) hingga kini masih polemik apalagi menjamin sterlitas kawasaan …

Watch Dragon ball super