Home / Artikel / Komunikasi Kunci Persahabatan Awet

Komunikasi Kunci Persahabatan Awet

sketsindonews – Persahabatan adalah sebuah ikatan yang timbul karena saling percaya satu sama lain. Persahabatan diawali dengan pertemanan yang hanya karena dalam satu lingkungan yang sama menjadi sebuah pertemanan yang lebih inten.

Bukan hanya saling percaya persahabatan juga menghasilkan rasa saling peduli satu sama lain. Kunci dari persahabatan yang kuat dan sehat adalah komunikasi yang terbuka.

Dalam persahabatan, komunikasi menjadi hal yang paling penting dalam menjalankan hubungan tersebut. Dalam hubungan tersebut pasti ada saja yang bisa menjadi masalah. Masalah yang timbul diakibatkan oleh informasi yang didapat saat berkomunikasi tidak tersampaikan dengan jelas. Dari komunikasi sebuah masalah dapat terselesaikan.

Faiza Rahman Hakim dan Astari Rahmaninda adalah sahabat yang Saya kenal saat di Sekolah Menengah Atas di Kota Bandung. Kami saling mengenal karena ketidaksengajaan seperti saya satu kelas bersama Astari, dan saya satu organisasi bersama Faiza. Ternyata Faiza dan Astari sudah mengenal sejak mereka duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama.

Dahulu persahabatan yang kami jalani selama ini tidak menutup kemungkinan adanya masalah. Perbedaan pendapat dan pikiran dapat menjadi sesuatu yang cukup rumit. Dengan perbedaan karakter dan kebiasaan bisa juga menjadi alasan timbulnya konflik.

Cara mengatasi permasalahan tersebut biasanya salah satu dari kami harus mengalah dan mengerti satu sama lain.
Seiring berjalannya waktu ketika kami dipisahkan oleh tempat menuntut ilmu yang terpencar. Faiza di Yogyakarta, Astari di Depok, dan Saya di Tangerang Selatan tidak melunturkan rasa persahabatan diantara kami.

Selama ini, jika kami sedang memiliki waktu luang seperti libur semester, kami selalu menyempatkan untuk bertemu. Kondisi yang sudah berubah membuat kami ketika bertemu menjadi lebih dewasa, bukan berarti tidak memiliki masalah lagi, melainkan kami saling memberi masukan dan saling mendukung satu sama lain.

Sahabat bisa disebut sebagai keluarga kedua, karena sahabat mengetahui dan mengerti bagaimana kondisi satu sama lain. Sahabat akan selalu mendukung dan berasa dekat meskipun mereka jauh.

Permasalahan yang ada dalam hubungan pershabatan harus dihadapi bukan dihindari. Berkomunikasilah dengan sahabatmu, karena mereka akan selalu bersamamu.

(Wahid Rizkillah)

Check Also

Sudah Ribut Peganti Wagub DKI Sandi, Sementara SK Presiden RI Belum Diterima Sandiaga

Jakarta, sketsindonews – Pengunduran diri Wagub Sandiaga Uno belum sepenuhnya sah secara UU masih ada …

Watch Dragon ball super