Kongres Diaspora Ke 4 : Dihadiri 55 Negara, Obama Beri Sambutan

oleh
oleh

Jakarta,sketsindonews – Kongres Diaspora Indonesia kembali diselenggarakan untuk me – 4 kalinya di Kota Casablanka, Jakarta, Sabtu (1/7).

Kongres yang akan dihelat selama empat hari ini dihadiri oleh sejumlah tokoh negara, seperti Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarno Putri, Ketua DPR RI Setya Novanto, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Kapolri Tito Karnavian.

Ketua Board of Trustees Indonesia Diaspora Network (IDN) Global, Dino Patti Djalal, mengatakan Kongres Diaspora Indonesia kali ini merupakan kongres terbesar dalam sejarah diaspora, dengan 9000 partisipan dari 55 negara. Acara ini juga mendatangkan tamu kehormatan, yaitu Presiden AS ke-44 Barack H Obama.

“Di abad 21, globalisasi tidak bisa diredam. Diaspora masuk ke dalam pusaran paling utama dalam arus globalisasi. Diaspora bukan petualang, perantau, atau pengungsi. Tapi jadi pelopor ekonomi, pelopor sosial budaya,” ujar Dino.

Ia mengemukakan, saat ini ada sekitar enam juta sampai delapan juta diaspora Indonesia di seluruh dunia.

Dari TKI saja, Indonesia telah mendapatkan Rp 130 triliun, melebihi pemasukan dari industri pariwisata, pajak dari sektor pertambangan, dan investasi asing.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.