Home / Artikel / Konsep Musrenbang Harus Dirubah, Partisipasi Warga Usulan Menjadi Prioritas

Konsep Musrenbang Harus Dirubah, Partisipasi Warga Usulan Menjadi Prioritas

Jakarta, sketsindonews – Konsep Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) sedianya harus di rubah terhadap usulan warga yang tak masuk justru menjadi prioritas dalam pelaksanaan karena “need” warga sangat dinamis, ujar Luhut Simanjuntak Tim Perumus Inspektorat Kota Jakarta Pusat di sela Musrenbang saat ditanyakan sketsindonewa. com, tadi siang (6/2).

Kata Luhut, Kalo SKPD unit terkait kan sudah ada dalam pekerjaan rutin dalam anggaran yang sudah ada, justru yang belum tersentuh itu harus dikerjaan secara langsung karena kebutuhan warga yang paling utama.

“Jadi tak ada lagi copy paste usulan, misalkan sarana olahraga itu kan domainnya Sudin Olahraga, warga kan gak perlu juga usulkan karena tugas Sudin untuk membangun sarana olahraga di setiap wilayah”.

Itu yang saya maksud pola Musrenbang harus dirubah secara priorotas dinamis sesuai dengan problematika wilayah sesuai dengan renstra.

musrenbang. kemayoran. doc

Sehingga tak ada lagi alasan Musrenbang tak masuk, Kemayoran saja pekerjaan 2019 dalam kinerja phisik baik Satpel SDA dan Satpel Bina Marga menurutnya sudah sangat bagus karena pekerjaan 2018 sudah secara baik sudah dilaksanakan kegiatan sehingga itu namanya bekerja, pungkas Luhut.

Sementara Camat Kemayoran Herry Purnama didampingi Lurah Bangun Manalu menjelaskan, Kelurahan Kemayoran dalam usulan musrenbang mencapai 74, sementata rekapitulasi di wilayah Kecamatan Kemayoran mencapai 1046 usulan dengan total anggaran mencapai 450 milyar, pungkasnya.

Pimpinan RW harus bersenergi dengan warga terkait apa itu kebutuhan warga dilingkungan. Apabila ada pekerjaan usulan 2019 yang dikerjaan seharusnya itu harus ada keberpihakan RW untuk memperlancarkan dan melakukan pengawasan untuk tidak ada kendala nantinya.

Sambung Herry, pekerjaan saluran atau apa saja setidaknya RW harus cepat mensosialisasikan ke warga terhadap dampak rumah warga yang akan dibongkar saluran inrit untuk tidak ada lagi friksi.

Apapun efek pembangunan baik itu sarana jalan maupun normalisasi saluran karena adanya pelanggaran warga yang tidak disiplin dalam melakukan tutup jalan serta saluran dilingkungan, jelasnya.

reporter : nanorame

.

Check Also

Tukang Sapu Tuprok Jadi Anggota Dewan Kota, Siapa Dia…

Jakarta, sketsindonews – Garis hidup serta bagaimana mendapatkan pengakuan publik bukan perkara mudah, apalagi terkait …

Watch Dragon ball super