Home / Berita / Kostrad Tanamkan Bela Negara Bagi Siswa SMK

Kostrad Tanamkan Bela Negara Bagi Siswa SMK

Jakarta, sketsindonews – Detasemen Peralatan Divisi Infanteri 2 Kostrad menjalin kerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 11 Malang dan SMK Negeri 1 Sukorejo Pasuruan dalam rangka pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi para siswa dari kedua sekolah tersebut di Markas Detasemen Peralatan Divisi Infanteri 2 Kostrad, Singosari, Malang.

Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di lapangan untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Maksud dilaksanakannya PKL ini, selain sebagai salah satu syarat tugas sekolah, juga sebagai kegiatan siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan selama 5 bulan di bawah pengawasan Mayor Cpl Wiwin Wiryono selaku Wakil Komandan Detasemen Peralatan Divisi Infanteri 2 Kostrad dan dibantu 10 anggota lainnya.

Mayor Cpl Wiwin Wiryono menyampaikan, “Kegiatan kerja sama antara Detasemen Peralatan Divisi Infanteri 2 Kostrad dengan berbagai Sekolah Menengah Kejuruan ini, merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan satuan. Praktek Kerja Lapangan ini diharapkan membuat para siswa lebih matang dan siap terjun di lapangan”, ujarnya.

Para siswa SMK ini diberi materi pembelajaran berupa materi praktek, seperti bongkar pasang mesin, bongkar pasang rem, pengetahuan sistem mekanik kendaraan, sistem kelistrikan, perbaikan bodi kendaraan atau casis, bongkar pasang karburator mobil, dan pengetahuan sistem bahan bakar.

Selain dibekali materi tentang otomotif, para siswa tersebut juga dibekali materi tentang Bela Negara, PBB dan pelatihan sikap disiplin yang diawali dengan apel pagi, senam  pagi dan lari pagi setiap harinya. Dengan diberikannya materi Bela Negara, untuk para siswa diharapkan memiliki pribadi yang patriotik serta timbul rasa bangga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. (*)

Check Also

Nurhasan Inisiasi Konflik Pembebasan Lahan Pelabuhan Patimban Menjadi Prioritas Nasional

Subang, sketsindonews – Rombongan kunjungan kerja spesifik dari komisi V DPR RI, didampingi oleh kementerian perhubungan, kementerian PU, dirjen perhubungan laut, dan lainnya sampai di Pelabuhan Patimban, Subang, Jumat (22/9), kedatangan mereka disambut langsung oleh PLT Bupati Subang.

Tujuan kunjungan spesifik ini yaitu memastikan berjalannya segala perangkat dalam pembangunan pelabuhan Patimban. Pelabuhan ini diharapkan dapat memberi support pada pelabuhan Tanjung Priok.

Kunjungan ini diinisiasi oleh anggota DPR RI di dapil tersebut, yaitu Nurhasan Zaidi. Ia menyebutkan pembangunan ini berpotensi meningkatkan perekonomian jangka panjang masyarakat Subang.

“Jelas meningkatkan ekonomi, namun hal penting dan tujuan saya pribadi datang kesini yaitu untuk menyelesaikan konflik pembebasan lahan,” ujarnya.

Masyarakat mengeluhkan harga pembebasan lahan yang kurang layak. “Saya anak petani disini merasa harga yang diajukan sangat murah,” kata salah satu warga.

Nurhasan menyepakati dan menanggapi bahwa harga Rp. 300 ribu itu tidak pantas ditukar dengan lahan disini yang sangat subur.

“Kami sepakat dengan modernitas, namun masyarakat harus tetap jadi prioritas, insya Allah kami akan perjuangkan sekuat tenaga” tambah politisi PKS ini.

Hasil dari kunjungan ini akan dibawa pada pembahasan terakhir di DPR, sebagai keputusan final. “Kunjungan ini saya inisiasi dan semoga masyarakat melihat keseriusan kami yang ingin menyelesaikanya,” tambah Nurhasan.

“Kami mengubah jadwal yang sebelumnya ke Lombok menjadi ke Patimban karena kami sudah jadikan ini sebagai prioritas nasional,” tutup Nurhasan.

(Red)

Terkait

Watch Dragon ball super