KSAU, Hari ini Lantik 22 Penerbang Muda Lulusan Sekolah PSDP A-29

Yogyakarta, sketsindonews – Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriyatna, hari ini Jumat (23/12) dipastikan akan melantik 22 penerbang  muda lulusan Sekbang TNI Angkatan 90/ PSDP Angkatan-29  di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Tiga lulusan terbaik sekbang A-90/PSDP A-29, saat menerima tropy usai gladi bersih, didampingi  Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, MM. dan Komandan PSDP Kolonel Pnb. Basuki Rahmat, di lapangan jupiter. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)
Tiga lulusan terbaik sekbang A-90/PSDP A-29, saat menerima tropy usai gladi bersih, didampingi Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, MM. dan Komandan PSDP Kolonel Pnb. Basuki Rahmat, di lapangan jupiter. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Sekolah Penerbang PSDP Angkatan ke-29 tersebut berlangsung selama kurang lebih 29 bulan, sejak dibuka 11 Juli 2014. Mereka berasal dari sumber Perwira Sukarela Dinas pendek (PSDP). Selama menjalani pendidikan, Para perwira PSDP tersebut harus melalui tiga tahapan. Dua tahap pendidikan dilaksanakan di Lanud Adisumarmo Solo, yaitu Pendidikan Dasar Keprajuritan (Diksarjurit), selama tiga bulan, dan Pendidikan Dasar Golongan Perwira (Diksargolpa), yang ditempuh 2 bulan. Sedangkan tahap ketiga, Pendidikan dilaksankan di Lanud Adisutjipto.

Komandan Kodiklatau Marsda TNI Eko Supriyanto, saat memberikan piagam penghargaan, kepada ketiga lulusan terbaik jurusan tempur, angkut, dan hely, pada upacara penutupan pendidikan di Wisma Adisutjipto, Selasa 20/12. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)
Komandan Kodiklatau Marsda TNI Eko Supriyanto, saat memberikan piagam penghargaan, kepada ketiga lulusan terbaik jurusan tempur, angkut, dan hely, pada upacara penutupan pendidikan di Wisma Adisutjipto, Selasa 20/12. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Pada upacara pendidikan Sekbang Angkatan 90/ PSDP Angkatan 29 ini berhasil menjadi lulusan terbaik dari jurusan tempur adalah Arfa Reza Utama. Dari Jurusan Angkut adalah Ryan Aditya Bagus Satria dan dari jurusan Helicopter adalah Aula Nur Huda.

Arfa Reza Utama adalah Putera kelahiran Pare pare 21 tahun yang lalu tepatnya 27 Agustus 1995. Anak dari bapak Hartono yang juga anggota Militer dari Angkatan Darat ini menghabiskan masa kanak-kanak dan masa sekolahnya di Jakarta. Menjadi lulusan terbaik di jurusan Tempur, dia merasa sangat bangga dan semoga predikat ini dapat menjadi modal untuk mengabdi yang terbaik.

Komandan Sekolah PSDP Kolonel Pnb.Basuki Rahmat dan Komandan Satuan Pendidikan Letkol Pnb.Alfian, saat foto bersama dengan ketiga lulusan terbaik jurusan tempur, angkut, dan hely, usai upacara penutupan pendidikan di Wisma Adisutjipto, Selasa 20/12. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)
Komandan Sekolah PSDP Kolonel Pnb.Basuki Rahmat dan Komandan Satuan Pendidikan Letkol Pnb.Alfian, saat foto bersama dengan ketiga lulusan terbaik jurusan tempur, angkut, dan hely, usai upacara penutupan pendidikan di Wisma Adisutjipto, Selasa 20/12. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Ryan Aditya Bagus Satria adalah putera berasal  Sragen Jawa Tengah ini putera dari bapak Triyono dan Ibu  Minuk Pamungkas. Bapaknya yang juga anggota Marinir/ TNI AL, menjadikan Ryan Aditya terbiasa hidup disiplin dan memiliki cita-cita menjadi Pilot militer.  Ia sangat bersyukur dapat menyelesaikan pendidikan ini dan bahkan mendapatkan predikat terbaik dijurusan Angkut. Putera kelahiran 28 Januari 1993 ini merasa sudah yakin untuk mengabdi sebagai Pilot militer.

Sementara Aula Nur Huda adalah siswa Sekbang angkatan 90 yang menadapat predikat terbaik di jurusan Helicopter.  Putera dari Bapak Mohamad Mahalu dan Mahmudah ini adalah anak kelahiran Rembang, Jawa Tengah, lahir 9 Januari 1993. Mendapat predikat terbaik di jurusan Helikopter menjadikan dia sangat bangga dan yakin akan profesi yang akan digelutinya. Lulus pendidikan dan menjadi Pilot penerbang sangat membanggakan keluarganya terutama Orangtuanya dan teme-temannya

Pada Upacara Wingday Sekbang TNI Terpadu A-90 tahun 2016 ini akan bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Pnb Bonang Bayuaji, yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Wingdikterbang Lanud Adisutjipto. Adapun Pasukan dalam upacara Wingday terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara Kompi Perwira, Bintara, Tamtama, PNS, Siswa Sekbang, Kompi Taruna AAU, Kompi Denhanud 474 Paskhas, Kompi POMAU, dan Kompi PNS TNI AU.

Kapentak Lanud Adisutjipto
Mayor Sus Giyanto, menyampaikan bahwa di penghujung upacara Wing Day, direncanakan langit Lanud Adisutjipto akan dihiasi dan dimeriahkan fly pass  berbagai pesawat latih yang biasa digunakan untuk Sekbang Lanud Adisutjipto, diantaranya The jupiter Aerobatik Team ( KT-1 B Woong Bee ), Pesawat Grob dan  Cessna. Tiga jenis pesawat latih ini sudah sering menampilkan atraksi dan aerobatik pada event nasional dan internasional.   Selanjutnya juga akan ditampilkan penerjun-penerjun TNI AU dan Fasi Yogyakarta dan atraksi pesawat microlight dari Fasi DIY.  Penerjun-penerjun yang telah mahir dan telah mengharumkan DIY ini dipastikan akan mendebarkan para wisudawan dan keluarga, para peserta upacara dan seluruh hadirin.

Lebih lanjut Mayor Sus Giyanto menambahkan, seluruh wisudawan juga akan melaksanakan acara tradisi passing out. Passing out parade ini merupakan simbol pemberian ucapan selamat jalan kepada senior dari yunior yang melepas menuju medan pengabdian melalui Tentara Nasional Indonesia kepada bangsa dan negara Indonesia. (Kumara)