Home / Berita / Kuasa Hukum Jonru Anggap Saksi Tidak Mengerti

Kuasa Hukum Jonru Anggap Saksi Tidak Mengerti

Jakarta, sketsindonews – Sidang perkara ujaran kebencian terdakwa Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (25/1) dengan mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kali ini JPU, menghadirkan 3 saksi pelapor Muannas Alaidid, Guntur Romli, dan Slamet. Lalu persidangan dimulai dengan pemeriksaan saksi, Muannas Alaidid.

Dalam pemerikasaan saksi pertama, Kuasa Hukum Jonru, Alkatiri yang menganggap saksi tidak memahami maksud dalam melaporkan Jonru.

“Bagaimana dia merasa kalau ini (postingan) menyebabkan kebencian, tetapi dia (saksi) tidak tahu mana komentar yang dimaksud SARA dan ucapan kebencian. Ini, kan, tidak kompeten,” ujar Alkatiri.

Sementara menurut Muanaa, pertanyaan tersebut tidak pantas dipertanyakan, dia mengatakan bahwa terkait konten SARA dapat didefinisikan oleh Ahli hukum atau IT.

“Sementara saya ke sini sebagai saksi fakta, dia tidak mengerti,” ucap Muannas, kepada wartawan.

Sebagai saksi fakta, dia juga mengatakan bahwa pihaknya hanya menemukan konten, barang bukti, dan melaporkan ke polisi. “Nantinya ahli yang akan menguji barang bukti yang diserahkan pelapor,” katanya.

Dia menambahkan, “Yang jadi masalah ini, kan, ranahnya ahli. Kalau saya nanti berpendapat justru salah karena bukan ranah saya.”

Sebagai informasi, Jonru dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Kamis (31/8/2017) oleh Muannas Al Aidid.

Atas pelaporan tersebut, Jonru dijerat Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 A ayat (2) dan atau pasal 35 Jo pasal 51 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau pasal 4 huruf (b) angka (1) jo pasal 16 UU RI Nomor 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan atau pasal 156 KUHP tentang Penginaan Terhada Suatu Golongan.

(Eky)

Check Also

Viral !!!, Ibu Siksa Anak Batita, Ini Kata Erlinda

Jakarta, sketsindonews – Ketua Indonesia Child Protection Watch, Erlinda angkat bicara terkait video yang memperlihatkan perlakuan …

Watch Dragon ball super